PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI MENELADANI PERJUANGAN RASULULLAH DI MAKKAH KELAS X SMA

TITO SULISTIANO, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI MENELADANI PERJUANGAN RASULULLAH DI MAKKAH KELAS X SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran powtoon pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam materi Meneladani Perjuangan Rasulullah di Makkah. Agar mengetahui penilaian kelayakan produk dari pakar media dan pakar materi. Kemudian pengembangan ini dilakukan untuk menyediakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, terutama pada materi sejarah kebudayaan dan peradaban Islam, yaitu Meneladani Perjuangan Rasulullah di Makkah. Selain itu untuk mengatasi rasa jenuh siswa dan berusaha untuk meningkatkan semangat siswa dalam mempelajari materi ini yaitu dengan media powtoon yang berbentuk media visual. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yakni, Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 48 Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan kepada guru dan siswa kelas X MIPA 5. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan, media powtoon yang sudah dikembangkan diberikan nilai melalui angket setelah revisi oleh ahli materi dengan perolehan skor sebesar 5,0 dengan kategori “Sangat Baik” dan ahli media memberikan skor sebesar 3,7 dengan kategori “baik”. Setelah itu, uji penerapan dilakukan kepada guru PAI dengan mendapat skor persentase sebesar 90% dengan kategori “sangat baik” dan kepada lima orang siswa mendapat skor persentase sebesar 90% dengan kategori “sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran powtoon dalam materi Meneladani Perjuangan Rasulullah di Makkah memperoleh kategori “baik” dan “sangat baik” atau layak digunakan. In this study, it aims to develop powtoon learning media in Islamic Religious Education lessons in the material of The Prophet's Tapestry in Makkah. To know product feasibility assessments from media experts and material experts. Then this development was done to provide creative and innovative learning media, especially in the material of Islamic cultural history and civilization, namely Exemplifying the Struggle of the Prophet in Makkah. In addition, to overcome the boredom of students and try to increase the spirit of students in learning this material, namely with powtoon media in the form of visual media. This research is Research and Development type using ADDIE model, which consists of five stages, namely, Analysis, Design, Development, Im-plementation, and Evaluation. This research was conducted at SMA Negeri 48 East Jakarta. This research was conducted to teachers and students of grade X MIPA 5. Data collection techniques are using interviews and questionnaires. The results of this study showed that powtoon media that has been developed was given a score through a questionnaire after revision by material experts with a score of 5.0 with the category "Excellent" and media experts gave a score of 3.7 with a category of "good". After that, the application test was conducted to PAI teachers with a percentage score of 90% with a category of "excellent" and to five students got a percentage score of 90% with a "very good" kate-gori. So it can be concluded that the learning media powtoon da-lam material Exemplifying the Struggle of the Prophet in Makkah obtained the category of "good" and "very good" or worth to use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rihlah Nur Aulia, MA. ; 2). Firdaus Wajdi, S.Th.I., MA., Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10859 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 06:34
Last Modified: 23 Aug 2021 06:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16939

Actions (login required)

View Item View Item