MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DENGAN STRATEGI QUIZTEAM DI KELAS V SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Petamburan 05 Pagi Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat)

Angga Prajogo, . (2018) MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DENGAN STRATEGI QUIZTEAM DI KELAS V SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Petamburan 05 Pagi Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (379kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (388kB)
[img] Text
7. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (614kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (525kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Text
16. LEMBAR DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab pada siswa kelas V SDN Petamburan 05 Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Petamburan 05 Jakarta Pusat yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan McTaggart. Prosedur penelitian merupakan sebuah siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I hasil instrumen kuesioner siswa memperoleh persentase 46,43% dan hasil instrumen pengamatan guru sebesar 57,14% sedangkan hasil pemantau tindakan guru mencapai 60% dan pemantau tindakan siswa mencapai 65%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil instrumen kuesioner siswa mencapai 92,85% dan hasil instrumen pengamatan guru mencapai 94,63% kemudian pemantau tindakan guru mencapai 92,5% dan pemantau tindakan siswa mencapai 95%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan strategi quizteam dapat meningkatkan sikap tanggung jawab siswa kelas V SDN Petamburan 05 Jakarta Pusat. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui kebutuhan dan karakteristik siswa agar dapat merancang pembelajaran yang menyenangkan menggunakan strategi quizteam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd 2) Dra. Marwati Mansyur, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Nov 2019 11:16
Last Modified: 20 Nov 2019 11:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1696

Actions (login required)

View Item View Item