PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X SMAN 55 JAKARTA

GLADIS APNI RAHAYU, . (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X SMAN 55 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan media pembelajaran sudah sangat pesat, dalam proses belajar pada mata pelajaran PAI ada beberapa jenis variasi media yang digunakan seperti power point dan murottal Al-Qur’an. Namun kedua media tersebut belum cukup signifikan memberikan pengaruh pada siswa dalam proses belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat proses pembelajaran PAI ketika memakai media video di kelas X dan menganalisis pengaruh media video terhadap motivasi belajar PAI yang didapat dari hasil observasi di SMAN 55 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X periode 2020/2021. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode deskriptif yang menjelaskan tentang motivasi belajar PAI siswa kelas X yang dipengaruhi oleh media video. Sumber data diperoleh dari hasil pengamatan langsung (observasi), wawancara dengan guru PAI, dan kuesioner online. Observasi dilakukan di SMAN 55 Jakarta pada bulan Maret 2021. Penelitian ini menggunakan beberapa teori diantaranya adalah teori tentang hakikat media pembelajaran, konsep motivasi dan pembelajaran PAI Pada penelitian ini didapatkan hasil yang menunjukan bahwa proses belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan media video berjalan secara terstruktur mulai dari proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan evaluasi. Kemudian hasil dari kuesioner online dari jumlah responden 78 siswa yang sudah dianalisis dengan spss statistic deskriptif menunjukan setiap indikator memiliki presentase rata-rata lebih dari 50% dan hasil dari perhitungan total skor yang didapat dari keseluruhan siswa adalah 77 point dengan kategori BAIK. Maka kesimpulannya adalah bahwa media video memiliki pengaruh yang BAIK terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas X SMAN 55 Jakarta. Kata Kunci : Motivasi, Media, Pendidikan Agama Islam. The development of learning media is very fast, there are a few kinds of media used in learning process of PAI subject such as Power Point and Qur’an recitation. However, those media are insufficiently significant in giving the effect to students in learning process. This research aims to see the learning process of PAI when uses video in X class and analyzes the effect of video towards learning motivation acquired from observation in SMAN 55 Jakarta. This research is conducted on students of class X for 2020/2021. The researcher uses quantitative approach and descriptive method which explains regarding learning motivation of PAI on students X affected by video. Source of data obtained from direct observation, interviewing PAI teacher, and online questionnaire. The observation is conducted in SMAN 55 Jakarta on March, 2021. This study uses several theories, they are theory of the nature of learning media, concept of motivation and PAI learning. In this research, the result shows that student learning process on PAI subject integrating with video works structurally started from planning, organizing process, implementation and evaluation. Then, the result of online questionnaire of which the students are 78 analyzed with descriptive spss statistic shows that each indicator has average percentage for more than 50% and the result from calculation of total score obtained from the all students is 77 points which is in GOOD category. This research reveals that media of video has GOOD effect on PAI learning motivation to students of class X in SMAN 55 Jakarta. Keywords : Motivation, Media, Islamic Studies

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Sari Narulita, Lc., M.Si. ; 2.) Ahmad Hakam. S.S., MA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 10863 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 18:59
Last Modified: 23 Aug 2021 18:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16965

Actions (login required)

View Item View Item