EFEKTIVITAS KEGIATAN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SANTRI (STUDI KASUS: PONDOK PESANTREN ASSHIDDIQIYAH 2 TANGERANG)

SITI UMAIDAH, . (2021) EFEKTIVITAS KEGIATAN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SANTRI (STUDI KASUS: PONDOK PESANTREN ASSHIDDIQIYAH 2 TANGERANG). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (902kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana Efektivitas kegiatan pesantren dalam meningkatkan kemandirian santri pondok pesantren Asshiddiqiyah 2. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan kuesioner. Temuan pada penelitian ini menunjukkan kegiatan pesantren dalam meningkatkan kemandirian sudah atau berjalan efektif. hal ini dapat dilihat dari ketercapainya tujuan kegiatan pesantren dalam meningkatkan kemandirian santri, yang dilihat sebagaian besar santri telah tercainya indikator-indikator kemandirian, seperti : percaya diri, mampu bekerja secara sendiri, menghargai waktu dan bertanggung jawab. Kemudian berdasarkan hasil yang didapatkan dari mengikuti kegiatan pesantren yaitu menunjukkan hasil yang sangat baik. Adapun kegiatan-kegiatan pesantren yang berpotensi tinggi untuk meningkatkan kemandirian santri, yaitu : berorganisasi ospa dan free time. Kata Kunci : Efektivitas, Pondok Pesantren, Kemandirian ********** Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana Efektivitas kegiatan pesantren dalam meningkatkan kemandirian santri pondok pesantren Asshiddiqiyah 2. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan kuesioner. Temuan pada penelitian ini menunjukkan kegiatan pesantren dalam meningkatkan kemandirian sudah atau berjalan efektif. hal ini dapat dilihat dari ketercapainya tujuan kegiatan pesantren dalam meningkatkan kemandirian santri, yang dilihat sebagaian besar santri telah tercainya indikator-indikator kemandirian, seperti : percaya diri, mampu bekerja secara sendiri, menghargai waktu dan bertanggung jawab. Kemudian berdasarkan hasil yang didapatkan dari mengikuti kegiatan pesantren yaitu menunjukkan hasil yang sangat baik. Adapun kegiatan-kegiatan pesantren yang berpotensi tinggi untuk meningkatkan kemandirian santri, yaitu : berorganisasi ospa dan free time. Kata Kunci : Efektivitas, Pondok Pesantren, Kemandirian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Andy Hadiyanto, MA ; 2). Rihlah Nur Aulia, MA
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 10862 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2021 08:23
Last Modified: 25 Aug 2021 08:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16982

Actions (login required)

View Item View Item