STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM KEPEMIMPINAN (LEADERSHIP) PADA ANAK SD KELAS 1 (Studi Deskriptif di Sekolah Dasar Al-Muslim Tambun, Bekasi, 2017)

Annida Fadhillah, . (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM KEPEMIMPINAN (LEADERSHIP) PADA ANAK SD KELAS 1 (Studi Deskriptif di Sekolah Dasar Al-Muslim Tambun, Bekasi, 2017). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (573kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (484kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI (print).pdf

Download (100kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (456kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (434kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
22. Catatan Lapangan.pdf

Download (232kB)
[img] Text
24. Catatan Dokumentasi fix (print).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai Strategi Pengembangan Program Kepemimpinan (Leadership) Pada Anak SD Kelas 1 di SD Al-Muslim Tambun yang dilaksanakan pada bulan Januari 2018. Peneliti ini menggunakan metode deskriptif pada anak SD kelas 1 di SD Al-Muslim Tambun. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi/kesimpulan. Temuan hasil penelitian menunjukkan Strategi Pengembangan Program Kepemimpinan (Leadership) Pada Anak SD Kelas 1 di SD Al-Muslim adanya tujuan pengembangan program kepemimpinan (leadership) anak yaitu, untuk membentuk manusia yang khalifah fil ardl yang rahmatan lil alamin dan berakhlakul karimah, menerapkan tujuh aspek keterampilan leadership, menanamkan pembiasaan-pembiasaan keterampilan leadership dalam kehidupan sehari-hari. Perencaan kegiatan pembelajaran dibuat oleh tim leadership dan guru leadership, materi pembelajaran leadership mengacu kepada tujuh aspek keterampilan leadership. Materi pembelajaran leadership yang terintegrasi dengan mata pelajaran lain. Metode yang digunakan yaitu ceramah, praktik, diskusi, observasi. Proyek, presentasi, dan eksperimen. Media yang digunakan yaitu LKS, gambar, penutup mata, puzzle, lingkungan sekitar, dan media lainnya. Evaluasi dilakukan pada saat pembelajaran leadership berlangsung dan pada saat anak mengerjakan tugas, evaluasi pembelajaran leadership mengarah kepada tujuh aspek keterampilan leadership, ada dua penilain yang diambil pada pembelajaran leadership yaitu psikomotor dan afektif, evaluasi pembelajaran leadership bersifat praktik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Azizah Muis, M. Pd 2) Dr. R. Sri Martini Meilanie, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Nov 2019 11:26
Last Modified: 20 Nov 2019 11:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1702

Actions (login required)

View Item View Item