PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Tambun 04 Kabupaten Bekasi)

YETI MULYANTI, . (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Tambun 04 Kabupaten Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB IV 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI YETI.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (22kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI FIX.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian berupa: Penelitian Tindakan Kelas atau class room action research yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA, Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar IPA melalui Cooperative learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas IV SDN Tambun 04 Kabupaten Bekasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 40 siswa pada semester kedua tahun ajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, hasil belajar aspek kognitif menunjukkan presentase rata-rata 55% sehingga belum dinyatakan tuntas belajar karena ketuntasan belajarnya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 90%. Pada siklus II presentase hasil belajar kognitif mencapai 92,50%, dengan itu dikatakan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang melebihi KKM. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat diadikan salah satu model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dengan Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT), siswa dapat terlibat aktif, semangat, tanggung jawab, dan dapat menyumbangkan ide di dalam kelompoknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra.Yetty Auliaty, M.Pd., ; 2). Dra. Marwati Mansyur, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 20 Nov 2019 11:35
Last Modified: 20 Nov 2019 11:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item