ANALISIS BUKU TEKS PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS XII DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN HUKUM UNTUK TERWUJUDNYA MASYARAKAT TAAT HUKUM

MONICA PUSPITASARI, . (2021) ANALISIS BUKU TEKS PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS XII DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN HUKUM UNTUK TERWUJUDNYA MASYARAKAT TAAT HUKUM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (742kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
LAMPIRAN EDIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui muatan nilai – nilai kesadaran hukum yang terdapat pada buku teks pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas XII terbitan Kemendikbud Edisi Revisi Tahun 2018 dengan empat indikator kesadaran hukum. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konten dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari buku teks pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas XII terbitan Kemendikbud Edisi revisi tahun 2018 dan wawancara pada informan yaitu guru Pkn kelas XII dan Siswa Kelas XII SMA N 103 Jakarta yang berjumlah 10 orang sebagai pelengkap hasil analisis buku. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian yaitu dengan dokumentasi serta wawancara. Penelitian ini dilakukan rentang waktu Maret sampai Juni 2021 dalam menguji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dengan melakukan wawancara kepada expert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan kesadaran hukum di dalam Buku PPKn Kelas XII terbitan Kemendikbud Edisi Revisi Tahun 2018 ditemukan dua indikator kesadaran hukum yaitu pengetahuan hukum dan pemahaman hukum. Kedua indikator tersebut ditemukan pada keselurahan bab 1 – 4. Pengetahuan hukum paling dominan ditemukan pada bab 1. Kasus – Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Warga Negara, Bab. 2 Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia dan bab 3. Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia Dalam bab 4. Dinamika Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Ditemukan pengetahuan dan pemaham hukum namun tidak sebanyak pada bab lainnya. Implementasi kesadaran hukum yang dilakukan oleh siswa untuk terwujudnya masyarakat taat hukum terlihat dari sikap dan perilaku siswa yaitu seperti memiliki rasa tanggung jawab, memiliki kesadaran dari diri untuk menjadi warga negara yang baik dengan mentaati peraturan yang berlaku, tidak melakukan pelanggaran yang bersifat berat yang dapat merugikan masyarakat. Serta sekolah juga mengajarkan siswa untuk memiliki komitmen terhadap setiap peraturan yang berlaku di sekolah. Guru juga senantiasa memberikan pemahaman lebih kepada siswa dalam memahami hukum agar memiliki pandangan yang baik tanpa adanya kekeliruan. Kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini bahwa buku PPKn Kelas XII SMA/MA/MAK terbitan Kemendikbud edisi revisi 2018 memuat 2 indikator kesadaran hukum yang dapat menambah wawasan siswa mengenai hukum di Indonesia serta peraturan yang berlaku. The purpose of this research is to understand elements of law awareness that exist in Pancasila and Civic Education Textbook For the 12th grade published by Ministry of Culture and Education, Revised Edition, 2018. The research was conducted with four indicators of law awareness. This research used content analysis with a qualitative approach as the methodology. The primary source was acquired from the Pancasila and Civic Education Textbook For the 12th grade published by Ministry of Culture and Education, Revised Edition, 2018, and from interviews from a total of 10 informants consisting of civic teachers and students of the 12th grade in SMAN 103 Jakarta. The methodology to acquire and process the data was documentation and interviews. This research conducted from March to June 2021 to test the validity of data, triangulation data was used by interviewing experts. The result of this research showed the textbook showed two indicators of law-awareness elements. These elements include knowledge of law and understanding of the law. Those two indicators were found in Chapter 1 (Cases of Violation of Rights and Denials of Citizens) and Chapter 2 (Protection and Strengthening of Law in Indonesia). This study also found three things. First, students have implemented law awareness to create a law-abiding society, from their habits and behavior such as being responsible, and self-awareness to be law- abiding citizens, and do not commit crimes or violations that can negatively impact the society. Second, the school has also taught its students to build commitment to every existing regulation at school. Third, at the same time, the teachers also constantly gave a deeper understanding of the law to the students so that they can develop complete perspectives without error.The conclusion from this research is that the textbook contains two indicators of law-awareness elements that can expand students’ knowledge of the existing law and regulation in Indonesia. Students also realized that being good citizens means having to commit to abiding by all the existing regulations and committed to so that the purpose of law can be achieved.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dwi Afrimetty Timoera, S.H., M.H.; 2). MOH. Maiwan, M.Si, Ph.D
Subjects: Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 10915 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 05:38
Last Modified: 26 Aug 2021 05:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17086

Actions (login required)

View Item View Item