KONTRIBUSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DALAM PENGEMBANGAN LITERASI KEBERAGAMAAN YANG MODERAT

SYAIFUL MA'ARIF, . (2021) KONTRIBUSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DALAM PENGEMBANGAN LITERASI KEBERAGAMAAN YANG MODERAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kontribusi Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Negeri Jakarta dalam Pengembangan Literasi Keberagamaan yang Moderat. Penelitian melalui analisis dan pengkajian visi dan misi, kurikulum pembelajaran dan proses pembelajaran yang diterapkan oleh Prodi PAI UNJ untuk mengembangkan pemahaman keberagamaan yang komprehensif dan objektif sehingga akan menimbulkan sikap moderat bagi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis kualitatif untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan literasi keberagamaan yang moderat oleh Prodi PAI UNJ. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi. Penelitian dilakukan di program studi Pendidikan Agama Islam dilakukan selama bulan maret 2021 dengan mengambil data dari dosen dan alumni. Teori yang digunakan adalah sekumpulan gagasan para ahli dalam aspek literasi keberagamaan dan moderasi Islam. Dan kemudian adalah cara yang dilakukan lembaga pendidikan dan keagamaan dalam mengembangkan pemahaman Islam yang moderat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Prodi PAI UNJ mampu berkontribusi aktif dalam pengembangan pemahaman keberagamaan yang moderat melalui beberapa indikasi : (1) visi dan misi sebagai konsep dasar pendidikan yang terdapat berbagai kata kunci yang menjelaskan secara eksplisit tentang konsistensi Prodi PAI dalam mengembangkan pemahaman moderasi. (2) kurikulum pembelajaran yang terintegrasi dengan mata kuliah yang memadukan unsur rasionalitas, spiritualitas dan tesktualitas. Kemudian terdapat mata kuliah yang secara jelas mengejarkan nila-nilai moderat dalam aspek akidah, peribadatan dan sosial keberagamaan, serta mata kuliah tersusun secara terstruktur dan sistematis. (3) proses pembelajaran yang tidak terlepas dan dosen dalam proses transformasi ilmu pengetahuan dan dalam penentuan motode pembelajaran yang sesuai. Dan juga berbagai kegiatan yang dilakukan dengan bekerjasama lembaga terkait dalam pengembangkan pemahaman moderat bagi mahasiswa. Kata Kunci: Literasi Keberagamaan, Moderasi Islam, Pendidikan Agama Islam ******** ABSTRACT This study aims to describe and analyze the Contribution of the Islamic Religious Education Study Program at the State University of Jakarta in the Development of Moderate Religious Literacy. Research through analysis and assessment of the vision and mission, the learning curriculum and the learning process applied by the Islamic Education Study Program to develop a comprehensive and objective understanding of diversity so that it will lead to moderate attitudes for students. This research uses qualitative research using a descriptive qualitative analysis approach to describe and analyze the development of moderate religious literacy by the Islamic Education Study Program University state of Jakarta. Sources of data obtained from in-depth interviews and documentation studies. The research was conducted in the Islamic Religious Education study program conducted during March 2021 by taking data from lecturers and alumni. The theory used is a set of ideas from experts in the aspects of religious literacy and Islamic moderation. And then is the way that religious institutions develop a moderate understanding of Islam. The results of this study indicate that the Islamic Education Study Program University State of Jakarta is able to actively contribute to the development of moderate religious understanding through several indications: (1) vision and mission as the basic concept of education which contains various keywords that explain explicitly the consistency of the Islamic Education Study Program in developing an understanding of moderation. (2) an integrated learning curriculum with courses that combine elements of rationality, spirituality and quality. Then there are courses that clearly pursue moderate values in the aspects of faith, worship and social diversity, as well as courses that are structured and systematic. (3) the learning process cannot be separated from the lecturers in the process of transforming knowledge and in determining the appropriate learning method. And also various activities carried out in collaboration with related institutions in developing moderate understanding for students. Keywords: religious literacy, Islamic moderation, Islamic education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Andy Hadiyanto, S.Pd, MA ; 2). Firdaus Wajdi, S.Th.I, MA, Ph.D
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Filsafat, Psikologi & Agama > Teologi dan Doktrin Agama
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10848 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2021 10:13
Last Modified: 25 Aug 2021 10:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17135

Actions (login required)

View Item View Item