MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DARING DI SMAN 42 JAKARTA

MUTIARA ANISA, . (2021) MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DARING DI SMAN 42 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (254kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (989kB)

Abstract

ABSTRAK Mutiara Anisa. Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Daring di SMAN 42 Jakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SMAN 42 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 42 Jakarta pada bulan September 2020 sampai dengan bulan Juli 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik survei melalui penyebaran angket menggunakan google formulir. Jenis angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan hasil jawaban responden dengan tabel frekuensi dan persentase dan disertai dengan penjelasan. Populasi target yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA dan IPS di SMAN 42 Jakarta dengan diambil sampel sebanyak 88 dari total 288 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik sampling acak sederhana (simple random sampling). Hasil dari analisis yang didapat berdasarkan data dan masing-masing aspek indikator kemudian disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa dalam PJJ daring di SMAN 42 Jakarta dapat dikategorikan sangat baik dengan persentase sebesar 79,5% dengan aspek yang ada yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, kebutuhan aktualisasi diri yang tentunya termasuk dalam motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Kata kunci : motivasi belajar, siswa, pembelajaran jarak jauh (PJJ). ABSTRACT Mutiara Anisa. Student Learning Motivation in Online Distance Learning (PJJ) at SMAN 42 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Education of History Studies Program, Faculty of Social Science, State University of Jakarta. 2021. This study aims to obtain data on students' learning motivation in distance learning (PJJ) at SMAN 42 Jakarta. This research was conducted at SMA Negeri 42 Jakarta from September 2020 to July 2021. The research method used in this study is descriptive research with survey techniques through the distribution of questionnaires using google forms. The type of questionnaire used in this study is a closed questionnaire. The data analysis technique used in this study is quantitative descriptive analysis, namely by describing the results of respondents' answers with frequency and percentage tables and accompanied by explanations. The target population studied in this study were all students of class XI science and social studies at SMAN 42 Jakarta with 88 samples taken from a total of 288 students. The sampling technique used in this study is to use a simple random sampling technique (simple random sampling). The results of the analysis obtained based on the data and each aspect of the indicator then concluded that students' learning motivation in online PJJ at SMAN 42 Jakarta can be categorized as very good with a percentage of 79.5% with the existing aspects namely physiological needs, security needs, needs social, esteem needs, self-actualization needs which of course are included in intrinsic and extrinsic motivation. Keywords: learning motivation, students, distance learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Corry Iriani R., M.Pd 2) Dr. Djuanidi, M.Hum
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 10775 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:43
Last Modified: 26 Aug 2021 03:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17140

Actions (login required)

View Item View Item