MUATAN PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi Deskriptif pada Pembelajaran PPKn di SMP N 20 Jakarta)

SHERA INDRIA AZZAHRA, . (2021) MUATAN PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi Deskriptif pada Pembelajaran PPKn di SMP N 20 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Shera Indria Azzahra, Muatan Pendidikan Antikorupsi Di Lingkungan Sekolah (Studi Deskriptif pada Pembelajaran PPKn di SMP N 20 Jakarta). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji: 1) Implementasi muatan pendidikan antikorupsi di lingkungan sekolah; 2) Muatan pendidikan antikorupsi dalam pembelajaran PPKn kelas VIII SMP/MTs. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari studi dokumentasi dengan menganalisis perangkat pembelajaran PPKn kelas VIII. Adapun subjek dalam penelitian ini terdiri dari 5 informan peserta didik kelas VIII, 2 key informan yang merupakan Guru Mata Pelajaran PPKn dan Wakasek Bidang Kurikulum, serta 2 expert opinion yang merupakan dosen dan spesialis pendidikan antikorupsi. Teknik analisis data dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi muatan pendidikan antikorupsi di lingkungan SMP N 20 Jakarta digambarkan melalui pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam setiap proses pembelajaran di sekolah yaitu melalui kegiatan intrakurikulum, ekstrakurikulum, serta pembiasaan dan pembuadayaan di lingkungan sekolah. 2) Muatan pendidikan anti korupsi dalam kegiatan intrakurikulum dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di kelas, dalam penelitian ini muatan pendidikan antikorupsi dalam pembelajaran PPKn dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai antikorupsi dalam perangkat pembelajaran, menginternalisasikan nilai-nilai antikorupsi dalam proses pembelajaran, dan mengevaluasi sikap siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi muatan pendidikan antikorupsi dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan di lingkungan sekolah. Lingkungan dan sarana yang mendukung dapat memudahkan penyampaian informasi terkait nilai-nilai antikorupsi, namun agar dapat membentuk sikap dan karakter antikorupsi pada peserta didik muatan pendidikan antikorupsi harus dilakukan secara terus-menerus dan konsisten oleh seluruh warga sekolah baik dalam kegiatan akademik maupun non-akademik. Kata Kunci: Muatan, Pendidikan, Antikorupsi, PPKn ABSTRACT Shera Indria Azzahra, Anticorruption Education Content in School Environment (Descriptive Study on PPKn Learning at SMP N 20 Jakarta). Thesis. Jakarta: Pancasila and Citizenship Education Study Program, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta, July 2021. The purpose of the research is to review: 1) Implementation of anti-corruption education content in the school environment; 2) Anticorruption education content in the learning of Civics Education grade VIII SMP/MTs. By using qualitative approach with descriptive method. Primary data sources are obtained through interviews and observations, while secondary data sources are obtained from documented studies by analyzing class VIII Civics Education learning tools. The subjects in this study consisted of 5 informants of grade VIII students, 2 key informants who are Teachers of PPKn and Vice Principal of curriculum, as well as 2 expert opinions who are lecturers and anticorruption education specialists. Data analysis techniques begin with data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study are: 1) The implementation of anticorruption education content in SMP N 20 Jakarta is illustrated through character education that is integrated in every learning process in schools, namely through intracurium, extracurricular activities, as well as habituation and cultivation in the school environment. 2) Anti-corruption education content in intracurium activities is carried out through classroom learning activities, in this study the content of anticorruption education in Civics Education learning is carried out by integrating anti-corruption values in learning devices, internalizing anticorruption values in the learning process, and evaluating student attitudes. The conclusion of this study is that the implementation of anticorruption education content can be done through various activities in the school environment. The environment and supporting facilities can facilitate the delivery of information related to anticorruption values, but in order to establish anticorruption attitudes and characters in students, anticorruption education content must be carried out continuously and consistently by all school residents in both academic and non-academic activities. Keyword: Content, Education, Anticorruption, Civics Education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Yasnita, M.Si 2. Asep Rudi Casmana, S.Pd., M.A
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 10763 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:48
Last Modified: 26 Aug 2021 02:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17268

Actions (login required)

View Item View Item