PENGARUH PENGGUNAAN MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS MICROSOFT TEAMS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 3 BUKITTINGGI

ADINDA RAHMI PUTRI, . (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS MICROSOFT TEAMS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 3 BUKITTINGGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui seberapa tinggi minat siswa dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Bukittinggi setelah diterapkannya blended learning; (2) Mengetahui perbedaan minat belajar siswa antara yang diberikan perlakuan (kelas eksperimen) menggunakan blended learning dengan yang tidak diberikan perlakuan (kelas kontrol) menggunakan ceramah pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Pendekatan ini menggunakan True Experimental Design. Tempat penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPS yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, diberikan perlakuan dengan menggunakan blended learning berbasis microsoft teams, sedangkan pada kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan model konvensional (ceramah). Data minat belajar tersebut di uji menggunakan angket yang berisi 30 pertanyaan sebelumnya dilakukan uji validitas. Setelah uji validitas diadakan, pertanyaan hanya berjumlah 22 butir. Kemudian dilakukan uji reliabilitas dengan hasil reliabel. Setelah itu dilakukan uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji T tidak berpasangan (unpaired sample t-test) menggunakan statistik parametrik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang signifikan (t -hitung 3,621 > t-tabel 1,699) pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Bukittinggi. ABSTRACT The purpose of this study is (1) Knowing how high the interest of students in history learning at SMA Negeri 3 Bukittinggi after the implementation of blended learning; (2) Knowing the difference in students' learning interests between those given treatment (experimental classes) using blended learning and those not given treatment (control classes) using lectures on history learning at SMA Negeri 3 Bukittinggi. This approach uses True Experimental Design. The research was conducted at SMA Negeri 3 Bukittinggi. The population of this study is class XI IPS consisting of 4 classes. The sample used 2 classes, namely class XI IPS 1 as experimental class and XI IPS 3 as control class. In experimental classes, treatment is given using blended learning based on microsoft teams, while in control classes are conducted learning by conventional methods (lectures). The study interest data was tested using a questionnaire containing 30 questions previously conducted validity test. After the validity test was held, the question only amounted to 22 items. Then conducted reliability test with reliable results. After that, the analysis requirement test is conducted using normality test and homogeneity test. Furthermore, hypothetical tests were conducted with unpaired samples using parametric statistics. The results of this study showed that there was a difference in students' learning interest between experimental classes and significant control classes (t -count 3,621 > t-table 1,699) in history learning at SMA Negeri 3 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. M. Fakhruddin, M.Si. 2). Muhammad Hasmi Yanuardi, S.S., M.Hum.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 11451 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:46
Last Modified: 26 Aug 2021 02:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17290

Actions (login required)

View Item View Item