KONVERSI MODAL DALAM KONTESTASI SISWA DI ARENA PENDIDIKAN (STUDI KASUS: SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 22 JAKARTA)

ADELIA FEBRIANI, . (2021) KONVERSI MODAL DALAM KONTESTASI SISWA DI ARENA PENDIDIKAN (STUDI KASUS: SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 22 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama. Pertama, bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana konteks Madrasah Tsanawiyah Negeri 22 (MTsN 22) Jakarta sebagai arena kontestasi siswa dalam program kelas unggulan dan seleksi kuota untuk SNPDB MAN IC. Kedua, mendeskripsikan bagaimana kontestasi habitus dan modal siswa yang terjadi di MTsN 22 Jakarta dalam kontestasi program kelas unggulan dan seleksi kuota untuk SNPDB MAN IC. Ketiga, mendeskripsikan bagaimana implikasi kontestasi yang terjadi pada proses pendidikan di MTsN 22 Jakarta sebagai arena kontestasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data untuk kebutuhan penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian sebanyak 8 siswa sebagai informan kunci yaitu empat siswa yang telah mendapatkan kuota rekomendasi SNPDB MAN IC dan berkontestasi dalam seleksi siswa terbaik untuk direkomendasikan, tiga siswa kelas sembilan unggulan, dan satu siswa kelas delapan unggulan yang berkontestasi dalam program kelas unggulan. Triangulasi data dilakukan kepada satu wakil kurikulum, satu guru mata pelajaran, dua wali murid, serta satu alumni sekolah. Lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 22 (MTsN 22) yang beralamat di Jalan Buni, Nomor. 81, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa MTsN 22 Jakarta menjadi arena kontestasi bagi siswa yang didasari atas modal, habitus, dan latar belakang ekonomi, sosial, dan budaya keluarga. Kontestasi yang terjadi di sekolah terbagi atas dua bentuk, pertama kontestasi siswa kelas unggulan, dalam praktik kontestasi yang terjadi siswa terbagi atas dua kelompok yaitu kelas menengah dan kelas pekerja. Praktik yang mereka lakukan adalah konversi modal, kelas menengah mengkonversi modal ekonomi ke dalam modal budaya dan kelas pekerja mengkonversi modal sosial ke modal budaya. Kedua, kontestasi menjadi siswa terbaik untuk direkomendasikan dalam SNPDB MAN IC. Siswa juga terbagi atas kelas sosial menengah dan pekerja. Kelas menengah memanfaatkan modal ekonomi dan latar belakang budaya (pendidikan orang tua) dalam kontestasi, sementara kelas pekerja cenderung menggunakan modal sosial dalam praktik kontestasi. Kontestasi yang terjadi di sekolah juga memberi dampak kepada siswa lainnya yaitu bagi siswa yang tidak memiliki cukup modal atau habitus yang tidak relevan dengan budaya sekolah maka siswa tersebut akan terpinggirkan dari arena kontestasi dan terjadi standarisasi atau pengelompokan siswa berdasarkan nilai. This research has three main goals. First, it aims to describe the context of Madrasah Tsanawiyah Negeri 22 (MTsN 22) Jakarta as an arena for student contestation in the superior class program and quota selection for SNPDB MAN IC. Second, describe how the habitus and student capital contestation occurred at MTsN 22 Jakarta in the contestation of the superior class program and quota selection for SNPDB MAN IC. Third, describe how the implications of contestation that occur in the educational process at MTsN 22 Jakarta as a contestation arena. This study uses a qualitative method with a case study approach. Data for research needs were obtained through observation, interviews, and documentation. The subjects in this study were 8 students as key informants, four students who had received the SNPDB MAN IC recommendation quota and contested in the selection of the best students to be recommended, three excellent ninth grade students, and one excellent eighth grade student who contested in the superior class program. Data triangulation was carried out to one assisstant principal of academic curriculum, one subject teacher, two parents, and one school alumni. The location of the research is Madrasah Tsanawiyah Negeri 22 (MTsN 22) which is located at Jalan Buni, Number 81, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta. The results of this study indicate that MTsN 22 Jakarta is a contestation arena for students based on capital, habitus, and family's economic, social, and cultural background. The contestation that occurs in schools is divided into two forms. Firstly, the contestation of superior class students, in practice the contestation that occurs students are divided into two groups, the middle class and the working class. Their practice is the conversion of capital, the middle class converts economic capital into cultural capital and the working class converts social capital into cultural capital. Second, the contestation to be the best student to be recommended in SNPDB MAN IC. Students are also divided into middle social class and working class. The middle class utilizes economic capital and cultural background (parent’s educational background) in the contestation and the working class tends to use social capital in the practice of contestation. Contests that occur in schools also have an impact on other students, for students who do not have enough capital or habits that are not relevant to school culture, these students will be marginalized from the contestation arena and standardization or grouping of students occurs based on grades.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Abdi Rahmat, M.Si ; 2). Suyuti, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 11062 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:39
Last Modified: 26 Aug 2021 02:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17333

Actions (login required)

View Item View Item