Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Lagu Wajib Melalui Media Audio Siswa Kelas IV SDN GUNTUR 03 Pagi Jakarta Selatan

ANVADO PUTRA, . (2018) Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Lagu Wajib Melalui Media Audio Siswa Kelas IV SDN GUNTUR 03 Pagi Jakarta Selatan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (142kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (102kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (338kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (541kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf

Download (948kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf

Download (89kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi lagu wajib melalui media audio siswa kelas IV. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan yang berjumlah 31 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun prosedur penelitiannya merupakan siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I persentase siswa yang mendapat nilai bernyanyi lagu wajib ≥ 75 ada 12 siswa dengan persentase 38,7 %, sedangkan yang mencapai nilai ≤ 75 ada 19 peserta didik dengan persentase 61,3 %. Kemudian terjadi peningkatan, pada siklus II persentase siswa yang mendapat nilai bernyanyi lagu ≥ 75 ada 24 siswa dengan persentase 77,41 %, sedangkan yangmencapai skor ≤ 75 ada 7 peserta didik dengan persentase 22,58 %. Data tersebut menunjukkan bahwa target penelitian atau kriteria keberhasilan kemampuan bernyanyi lagu wajib yaitu sebesar 80% telah tercapai. Adapun hasil pemantau tindakan dalam pembelajaran dengan menggunakan tidak menggunakan media audio pada siklus I mencapai 46,6% dan Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu mencapai 80%. Data tersebut menunjukkan bahwa target pemantau tindakan yaitu sebesar 80% sudah tercapai. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi lagu wajib siswa kelas IV SDN Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Nov 2019 11:31
Last Modified: 21 Nov 2019 11:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1738

Actions (login required)

View Item View Item