PERBEDAAN HASIL BELAJAR PPKN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM DAN NEARPOD DI SMAN 61 JAKARTA

NUR BISMI RAMADHAN, . (2021) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PPKN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM DAN NEARPOD DI SMAN 61 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai perbedaan hasil belajar PPKn siswa kelas X dengan menggunakan aplikasi zoom dan aplikasi nearpod di SMAN 61 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan model nonequivalent multiple group desain dengan memberikan soal pretest dan posttest. Penelitian dilakukan dari bulan Maret sampai bulan April tahun 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang menggunakan aplikasi belajar zoom dan nearpod selama pembelajaran jarak jauh. Sampel yang digunakan sebanyak 80 siswa dengan memilih 2 diantara 6 kelas sebagai kelas eksperimen yakni kelas X MIPA 1 dan X MIPA 4. Teknik pengumpulan data menggunakan google formulir yang berisikan tes soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Tes diberikan saat sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Teknik pengolahan data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan juga uji-t (perbedaan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dua kelas sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Hasil belajar pretest kelas eksperimen I sebesar 82 dan kelas eksperimen II sebesar 83 sedangkan posttest kelas eksperimen I sebesar 85 dan kelas eksperimen II sebesar 90. Berdasarkan hasil uji hipotesis sebesar 0,001 < 0,05. Maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar diantara dua kelas percobaan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas yang menggunakan zoom lebih baik daripada kelas yang menggunakan nearpod. Kata kunci: Hasil Belajar, Zoom, Nearpod, PJJ ************ The purpose of this study was to obtain empirical data on differences in learning outcomes PPKn class X using an application zooming and application nearpod at SMAN 61 Jakarta. The research method used is a quasi-experimental model with a non-equivalent multiple group design by giving pretest and posttest questions. The study was conducted from March to April 2021. The population in this study were grade X students who used zoom and nearpod learning applications during distance learning. The sample used was 80 students by choosing 2 out of 6 classes as the experimental class, namely class X MIPA 1 and X MIPA 4. The data collection technique used a google form which contained 30 multiple-choice questions. The test was given before being given treatment and after being given treatment. The data processing technique used normality test, homogeneity, and also t-test (difference). The results showed that there were differences in the learning outcomes of the two classes before being given treatment and after being given treatment. The learning outcomes of the pretest experimental class I were 82 and the experimental class II was 83 while the posttest experimental class I was 85 and the experimental class II was 90. Based on the results of hypothesis testing, it was 0.001 < 0.05. Then the hypothesis H0 is rejected and H1 accepted, which means there is no difference between the two classes of learning outcomes trial. It can be concluded that the learning outcomes of classes that use zoom are better than classes that use nearpod. Keyword: Learning Outcomes, Zoom, Nearpod, Distance Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. M. Japar, M.Si. ; 2). Raharjo, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 10651 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:24
Last Modified: 26 Aug 2021 03:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17384

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item