PENGARUH METODE SOSIALISASI ORANG TUA DAN PENERAPAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SEX EDUCATION SISWA DI SMAN 22 JAKARTA

DINDA RAMASARI, . (2021) PENGARUH METODE SOSIALISASI ORANG TUA DAN PENERAPAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SEX EDUCATION SISWA DI SMAN 22 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (870kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy

Abstract

Dinda Ramasari, Pengaruh Metode Sosialisasi Orangtua dan Penerapan Budaya Sekolah Terhadap Tingkat Pengetahuan Sex education Siswa di SMAN 22 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh metode sosialisasi orang tua dan penerapan budaya sekolah terhadap tingkat pengetahuan sex education siswa di SMAN 22 Jakarta. Pada penelitian ini, variabel independen (bebas) adalah metode sosialisasi orangtua dan penerapan budaya sekolah yaitu; tingkat kedekatan orangtua dalam sosialisasi dan budaya sekolah positif dan negatif. Selanjutnya, variabel dependen (terikat) dalam penelitian ini adalah tingkat pengetahuan sex education siswa yaitu pengetahuan dasar mengenai seks verbal dan fisik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Variabel pada penelitian ini yaitu, tingkat pengetahuan sex education siswa (variabel Y), metode sosialisasi orangtua (X1) dan penerapan budaya sekolah (X2). Pengumpulan data, analisis, dan penulisan laporan skripsi dimulai pada bulan Desember 2020 sampai bulan Agustus 2021. Teknik sampling yang digunakan ialah non probability dengan jenis purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 197 siswa di SMAN 22 Jakarta dari populasi siswa di SMAN 22 Jakarta pada tahun ajaran 2020/2021. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner yang terdiri dari 53 butir pertanyaan melalui google form. Pengolahan dan analisis data menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan SPSS versi 25. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial, dalam hal ini bertumpu pada analisis regresi linear berganda. Hasil Penelitian menunjukkan nilai uji regresi linear berganda yaitu Y=28.404+0.324+0.343. Pertama, secara parsial kekuatan pengaruh metode sosialisasi orangtua terhadap tingkat pengetahuan sex education siswa di SMAN 22 Jakarta menunjukkan nilai t hitung 6,350 > t tabel 1,97 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Kedua, secara parsial kekuatan pengaruh penerapan budaya sekolah terhadap tingkat pengetahuan sex education siswa di SMAN 22 Jakarta menunjukkan nilai t hitung 7,135 > 1,97 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Ketiga, secara simultan kekuatan pengaruh sosialisasi orangtua dan penerapan budaya sekolah terhadap tingkat pengetahuan sex education siswa di SMAN 22 Jakarta menunjukkan nilai F hitung sebesar 30,232 > 3,04 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05. Dengan demikian variabel metode sosialisasi orangtua dan penerapan budaya sekolah berpengaruh terhadap variabel tingkat pengetahuan sex education siswa di SMAN 22 Jakarta belajar sebesar 33,7%, sedangkan sisanya sebesar 66.3% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci; Sosialiasi Orangtua, Penerapan Budaya Sekolah, Pengetahuan Sex education Siswa Dinda Ramasari, Effect of Parental Socialization Methods and Application of School Culture on Students' Knowledge Level of Sex education at SMAN 22 Jakarta. Thesis. Jakarta: Sociology Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University 2021. This study aims to measure the effect of parental socialization methods and the application of school culture on the level of sex education knowledge of students at SMAN 22 Jakarta. In this study, the independent variables (independent) are the method of parental socialization and the application of school culture, namely; the level of parental closeness in socialization and school culture is positive and negative. Furthermore, the dependent variable in this study is the level of knowledge of students' sex education, namely basic knowledge of verbal and physical sex. This study uses a quantitative approach with a survey method. The variables in this study are the level of knowledge of students' sex education (variable Y), the method of parental socialization (X1) and the application of school culture (X2). Data collection, analysis, and thesis report writing begins in December 2020 until August 2021. The sampling technique used is non-probability with purposive sampling type. The sample of this study consisted of 197 students at SMAN 22 Jakarta from the student population at SMAN 22 Jakarta in the 2020/2021 academic year. The data collection process was carried out by distributing questionnaires consisting of 53 questions via google form. Processing and analyzing data using Microsoft Excel and SPSS version 25. The data analysis technique used descriptive and inferential analysis, in this case based on multiple linear regression analysis. The results showed that the multiple linear regression test value was Y=28.404+0.324+0.343. First, partially the strength of the influence of parental socialization methods on the level of knowledge of sex education students at SMAN 22 Jakarta shows the t-count value of 6.350 > t table 1.97 and a significance of 0.000 <0.05. Second, partially the strength of the influence of the application of school culture on the level of knowledge of sex education students at SMAN 22 Jakarta shows the t-count value of 7.135 > 1.97 and a significance of 0.000 < 0.05. Third, simultaneously the strength of the influence of parental socialization and the application of school culture on the level of knowledge of sex education of students at SMAN 22 Jakarta shows the calculated F value of 30.232 > 3.04 and a significance value of 0.000 <0.05. Therefore, the variables of parental socialization methods and the application of school culture affect the variable level of knowledge of sex education students at SMAN 22 Jakarta learn by 33.7%, while the remaining 66.3% is influenced by other variables. Keywords: Parental Socialization, Application of School Culture, Sex education knowledge Student

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Syaifudin, S.Pd., M. Kesos 2. Prima Yustitia Nurul Islami S.KPm, M.Si 3. Dian Rinantasari, S.Sos., M.A.P. 4. Dr. A. Tarmiji Alkhudri, M.Si 5. Meila Riskia Fitri,S.Pd., MA
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 11418 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:46
Last Modified: 22 Aug 2022 05:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17445

Actions (login required)

View Item View Item