IMPLEMENTASI NILAI KEJUJURAN DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI MATA PELAJARAN PPKN (Studi Kualitatif di SMAN 76 Jakarta)

LIESYE OSSY GRACIELLA, . (2021) IMPLEMENTASI NILAI KEJUJURAN DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI MATA PELAJARAN PPKN (Studi Kualitatif di SMAN 76 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana program penguatan karakter yang dilakukan di SMA Negeri 76 Jakarta selama pembelajaran daring dan untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai kejujuran siswa selama pembelajaran daring melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian berlangsung terhitung dari April sampai Juni 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini melibatkan 11 orang sebagai Informan, 3 orang sebagai Key Informan serta 1 orang sebagai Expert Opinion. Data hasil temuan penelitian diperoleh dari hasil wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan Reduksi data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran daring, program penguatan karakter dilakukan di SMAN 76 Jakarta dengan cara yang beragam diintergrasikan dengan berbagai strategi pembelajaran diwujudkan dengan dibuatnya aturan tertentu agar siswa dapat belajar mandiri dan jujur. Penguatan juga dilakukan melalui kegiatan-kegiatan perwalian dengan pemberian contoh dalam kehidupan sehari-hari, dan pemberian motivasi bagi siswa dan juga melalui penyampaian-penyampaian dalam kegiatan keagamaan. Memastikan siswa selalu jujur dalam pembelajaran daring sukar dilakukan oleh setiap guru maka dari itu untuk memperkecil ruang siswa bertindak tidak jujur guru mata pelajaran PPKn memberikan tugas dalam bentuk analisis dan proyek serta pembuatan pakta integritas agar melalui hal tersebut siswa menyadari pentingnya nilai kejujuran bagi kehidupannya sekarang maupun di masa depan. Simpulan dari penelitian ini adalah impelementasi nilai kejujuran selama pembelajaran daring melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMAN 76 Jakarta membuat siswa menyadari dan mengetahui pentingnya tindakan jujur dilakukan. Masih banyak hambatan yang dihadapi sekolah untuk tetap mengimplementasikan penguatan karakter khususnya kejujuran bagi siswa dalam kondisi belajar daring. Maka dari itu para guru harus terus melakukan banyak inovasi pada pembelajaran, meningkatkan kemampuan dan menjadikan siswa memiliki akhlak dan karakter yang baik supaya nilai-nilai pendidikan karakter terimplementasikan dengan baik dan pendidikan karakter dapat dipraktekkan dengan baik oleh siswa dalam pembelajaran daring maupun luring di SMAN 76 Jakarta. This study aims to find out how the character strengthening program is carried out at SMA Negeri 76 Jakarta during online learning and to find out how the implementation of students' honesty values during online learning through Pancasila and Civic Education subjects. The research took place from April to June 2021. The research method used was qualitative with a descriptive approach. This study involved 11 people as Informants, 3 people as Key Informants and 1 person as Expert Opinion. Data on research findings were obtained from in-depth interviews and documentation. The analysis technique uses data reduction, data display and conclusion drawing. Based on the research findings, it shows that during online learning, character strengthening programs are carried out at SMAN 76 Jakarta in various ways, integrated with learning strategies, which are realized by making rules so that students can learn independently and honestly. Strengthening is also done through perwalian activities by giving examples in life, and providing motivation for students during online learning and also through in religious activities. Ensuring students are always honest in online learning is difficult for every teacher, therefore to minimize the space for students to act dishonestly, the Civics subject teacher gives assignments in the form of analysis and projects as well as making integrity pacts so that students realize the importance of honesty for their lives now and in the future. The conclusion of this study is that the implementation of honesty during online learning through Pancasila and Civic Education subjects at SMAN 76 Jakarta makes students realize and know the importance of honest actions. There are still many obstacles faced by schools to continue implementing character strengthening, especially honesty for students in online learning conditions. Therefore, teachers must continue to make many innovations in learning, improve abilities and make students have good morals and character so that the values of character education are implemented properly and character education can be practiced well by students in online and offline learning at SMAN 76 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sarkadi, M.Si ; 2). Dr. Yasnita, M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 11300 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:07
Last Modified: 27 Aug 2021 03:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17576

Actions (login required)

View Item View Item