Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Hollywood Squares Review Pada Siswa Kelas V SDN Grogol 07 Pagi Jakarta Barat 2017

ARINDA DIANA PUTRI, . (2018) Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Hollywood Squares Review Pada Siswa Kelas V SDN Grogol 07 Pagi Jakarta Barat 2017. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (20kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (384kB)
[img] Text
4 LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (296kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
11 a BAB 1.pdf

Download (283kB)
[img] Text
11 b BAB 2.pdf

Download (711kB)
[img] Text
11 c BAB 3.pdf

Download (511kB)
[img] Text
11 d BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11 e BAB 5.pdf

Download (256kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
13 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui strategi Hollywood Squares Review pada siswa kelas V SDN Grogol 07 Pagi Jakarta Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Grogol 07 Pagi yang berjumlah 26 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau classroom research dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Tagart yang terdiri dari 4 tahapan dalam setiap siklusnya yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran melalui strategi Hollywood Squares Review pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Grogol 07 Pagi Jakarta Barat. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS. Pada siklus I hasil belajar siswa mendapatkan 61,53% dengan 16 dari 26 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 69, kemudian pada siklus II mencapai 88,46% dengan 23 dari 26 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM. Adapun hasil pengamatan pemantauan tindakan guru pada siklus I sebesar 73,33% dan hasil pengamatan pemantauan tindakan siswa pada siklus I sebesar 71,66%. Adapun pada siklus II, hasil pengamatan pemantauan tindakan guru mencapai 95,00% dan hasil pengamatan pemantauan tindakan siswa mencapai 93,33%. Dengan demikian pembelajaran melalui strategi Hollywood Squares Review dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V mengenai materi menghargai peranan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan di SDN Grogol 07 Pagi Jakarta Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Arifin Maksum, M.Pd 2) Ir. Arita Marini, M.E.,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Nov 2019 14:34
Last Modified: 21 Nov 2019 14:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1760

Actions (login required)

View Item View Item