PENGARUH LINGKUNGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK (STUDI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

SALMA NAVA PUJIASTUTI, . (2021) PENGARUH LINGKUNGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK (STUDI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (568kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Pengaruh Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prokrastinasi Akademik (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Jakarta). Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen berupa kuesioner. Alat ukur menggunakan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial pada angkatan 2018-2020, dengan jumlah sampel sebanyak 155 responden. Teknik pengambilan data menggunakan probability sampling. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh. Berdasarkan hasil linearitas sig > 0,05 yang artinya antara variabel mempunyai hubungan linear secara signifikan. Berdasarkan hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,191 hal ini membuktikan bahwa, variabel lingkungan pembelajaran jarak jauh berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik sebesar 19,1% sedangkan 80,9% sisanya merupakan kontribusi dari variabel-variabel yang lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel lingkungan pembelajaran jarak jauh berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Jakarta. Kata Kunci : Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh, Prokrastinasi Akademik This study aims to obtain an overview of the Influence of Distance Learning Environment on Academic Procrastination (Study on Students of Social Science Education, State University of Jakarta). The method in this study uses quantitative method with instruments in the form of questionnaires. Measuring instruments using likert scale. The population in this study was social science education students in the class of 2018-2020, with a sample of 155 respondents. Data retrieval techniques using probability sampling. Based on the results of the t-test analysis obtained 0.000 < 0.05 means there is an influence. Based on the results of linearity sig > 0.05 which means that between variables have a significant linear relationship. Based on the results of the coefficient of determination shows that the value of R Square of 0.191 this proves that, the variable environment of distance learning affects academic procrastination by 19.1% while the remaining 80.9% is the contribution of other variables that are not included in this study. So it can be concluded that the variables of distance learning environment affect academic procrastination in students of Social Science Education, State University of Jakarta. Keywords: Distance Learning Environment, Academic Procrastination

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Dian Alfia Purwandari,SE, M.Si 2. Sujarwo, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 10916 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2021 02:59
Last Modified: 28 Aug 2021 02:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17625

Actions (login required)

View Item View Item