PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM HORMON UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MELALUI MOODLE YANG BERORIENTASI MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA

IAN FADILAH NUR, . (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM HORMON UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MELALUI MOODLE YANG BERORIENTASI MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada perubahan metode pembelajaran yang digunakan menjadi metode PJJ yang dinilai cukup menyulitkan terutama pada mata pelajaran yang bersifat saintis seperti Biologi. Pada mata pelajaran Biologi, materi sistem hormon dinilai memiliki kesulitan tinggi karena bersifat abstrak. Konsep sistem hormon yang diajarkan melalui perangkat digital saat PJJ dapat diatasi dengan kemampuan literasi digital yang baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar sistem hormon untuk PJJ melalui Moodle yang berorientasi meningkatkan literasi digital siswa. Pada penelitian ini digunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang memiliki tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2020 hingga bulan Juli 2021. Bahan ajar yang dikembangkan diuji kelayakan pada aspek materi, media, dan bahasa oleh 6 validator ahli. Bahan ajar juga diuji coba oleh 2 orang guru Biologi dan siswa dari SMAN 3 Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar sistem hormon untuk PJJ melalui Moodle memiliki nilai rata-rata 3.40 (sangat valid) pada aspek materi, 3.30 (sangat valid) pada aspek media, dan 3.03 (valid) pada aspek bahasa. Pada tahap uji coba guru Biologi memperoleh nilai rata-rata 3.45 (sangat valid) dan rata-rata 3.32 (sangat valid) untuk uji coba pada siswa. Bahan ajar sistem hormon untuk PJJ melalui Moodle memiliki nilai rata-rata akhir sebesar 3.30 dari nilai maksimum 4.00. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar sistem hormon untuk PJJ melalui Moodle sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran sistem hormon di sekolah dan diharapkan dapat meningkatkan literasi digital siswa. ************** The Covid-19 pandemic has an impact on changing the learning method used to become the distance learning (DL) method which is considered quite difficult especially in scientific subjects such as Biology. In the Biology subject, the hormone system material is considered to have high difficulty because have many abstract concepts. Concept of the hormone system taught through digital devices during DL can be overcome with good digital literacy skills. The purpose of this research is to develop hormone system teaching material for DL through Moodle which is oriented to improve students’ digital literacy. This research uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model which has the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. This research was conducted from September 2020 to July 2021. The developed teaching material was tested for feasibility on the material, media, and language aspects by 6 expert validators. The developed teaching material was also tested by 2 Biology teachers and students from SMAN 3 Bekasi. The results showed that the hormone system teaching material for DL through Moodle had an average value of 3.40 (very valid) on the material aspect, 3.30 (very valid) on the media aspect, and 3.03 (valid) on the language aspect. In the Biology theacher trial obtaining an average value of 3.45 (very valid) and an average of 3.32 (very valid) for students trial. The hormone system teaching materials for DL through Moodle have a final average value of 3.30 from a maximum value of 4.00. This shows that the hormone system teaching material for DL through Moodle is very valid to be used as a learning medium for hormone systems in schools and are expected to improve students' digital literacy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rusdi, M.Biomed ; 2). Dr. Rizhal Hendi Ristanto, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 11500 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2021 01:47
Last Modified: 10 Nov 2022 07:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17647

Actions (login required)

View Item View Item