ABDUL HANIF AL ISLAMI, . (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL QURAN METODE UTSMANI (STUDI KASUS DI LBQ AL UTSMANI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (931kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (235kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pembelajaran Al Quran dengan metode Utsmani di Lembaga Bimbingan Al Quran Al Utsmani. Tujuan tersebut dapat diturunkan menjadi beberapa tujuan antara lain; mengetahui perencanaan pembelajaran Al Quran menggunakan metode Utsmani, mendeskripsikan pengorganisasian pembelajaran Al Quran dengan menggunakan metode Utsmani, menganalisis pelaksanaan pembelajaran Al Quran menggunakan metode Utsmani, dan menganalisis evaluasi pembelajaran Al Quran dengan menggunakan metode Utsmani. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan dari bulan Maret hingga April tahun 2021, yang bertempat di Lembaga Bimbingan Al Quran Al Utsmani, Condet, Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara ke Lembaga Bimbingan Al Quran Al Utsmani, Condet, Jakarta Timur. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti, manajemen pembelajaran Al Quran dengan menggunakan metode Utsmani cukup baik. Hal tersebut dilihat dari ciri khas yang dimiliki oleh metode Utsmani yakni dengan cara yang mudah dan menyenangkan bercirikan “tahapan lima langkah” dalam penerapan proses pembelajarannya. Terlihat dari perencanaan pembelajaran yang cukup matang dengan adanya silabus, RPP, persiapan dari segi kapasitas sumber daya pendidik, juga persiapan sarana dan prasarana penunjang yang memadai. Kemudian dapat dilihat dari pengorganisasian dengan adanya fasilitas buku panduan atau jilid untuk memudahkan peserta didik dan pengajar dalam belajar mengajar. Kemudian dapat dilihat juga dari pelaksanaan pembelajaran dengan proses talaqqi atau memperdengarkan dan melalui tahap demi tahap menggambarkan bahwa pelaksanaannya tersusun secara baik. Selanjutnya dapat dilihat juga dari evaluasi pembelajaran yang melalaui penilaian harian dan ujian akhir sudah terjadwal dengan sistematis. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Al Quran, Metode Utsmani This study aims to describe and analyze the management of learning Al Quran with the Utsmani method at the Al Quran Al Utsmani Guidance Institute. These goals can be reduced to several goals, among others; know Al-Quran learning planning using the Uthmani method, describe the organization of Al-Quran learning using the Uthmani method, analyze the implementation of Al-Quran learning using the Uthmani method, and analyze the evaluation of Al-Quran learning using the Uthmani method. This study used a descriptive analysis method using a qualitative approach, which was carried out from March to April 2021, which was located at the Al-Utsmani Al Quran Guidance Institute, Condet, East Jakarta. The data collection techniques used were observation and interviews with the Al-Utsmani Al Quran Guidance Institute, Condet, East Jakarta. Based on the results of observations and interviews conducted by researchers, the management of Al-Quran learning using the Uthmani method is quite good. This can be seen from the characteristics possessed by the Uthmani method, namely in an easy and fun way that is characterized by "five-step stages" in the application of the learning process. It can be seen from the fairly mature learning plan with the existence of a syllabus, RPP, preparation in terms of the capacity of educators, as well as the preparation of adequate supporting facilities and infrastructure. Then it can be seen from the organization with the manual or volume facilities to make it easier for students and teachers in teaching and learning. Then it can also be seen from the implementation of learning with the talaqqi or listening process and through step by step illustrating that the implementation is well structured. Furthermore, it can also be seen from the learning evaluation through daily assessments and final exams that have been systematically scheduled. Keywords: Learning Management, Al Quran, Utsmani Method
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rihlah Nur Aulia, MA. 2). Mushlihin, MA. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10840 not found. |
Date Deposited: | 28 Aug 2021 02:42 |
Last Modified: | 28 Aug 2021 02:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17664 |
Actions (login required)
View Item |