Pembentukan Pendidikan Karakter Berbasis Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Di Masa Pandemi (Studi Kasus SMP YAPPA DEPOK)

TIARA AYU PANGESTIKA, . (2021) Pembentukan Pendidikan Karakter Berbasis Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Di Masa Pandemi (Studi Kasus SMP YAPPA DEPOK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (405kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tiara Ayu Pangestika, Pembentukan Pendidikan Karakter Berbasis Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Di Masa Pandemi (Studi Kasus: SMP Yappa Depok), Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembiasaan membaca Al-Qur’an, mengetahui apa saja karakter yang terbentuk melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an serta guna mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembentukan pendidikan karakter berbasis pembiasaan membaca Al-Qur’an di masa pandemi. Thomas Lickona dalam buku Samani yang berjudul Konsep dan Model Pendidikan Karakter mengusulkan bahwa pembentukan pendidikan karakter adalah suatu bentuk upaya yang dilakukan secara sadar dan terus menerus (continue) untuk membantu seseorang agar ia dapat memperhatikan, memahami, dan melaksanakan nilai-nilai karakter dengan baik dalam kehidupan sehari-hari hingga menjadi kebiasaan. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket kuesioner. Triangulasi yang peneliti gunakan yaitu triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur’an berlangsung selama 15 menit. Nilai karakter yang terbentuk melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an yaitu religius, jujur, disiplin, gemar membaca, dan bertanggung jawab. Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pembentukan karakter berbasis pembiasaan membaca Al-Qur’an yaitu faktor dari dalam (intern) yaitu kepribadian siswa, sedangkan faktor dari luar (ekstern) yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Kata Kunci: Pembentukan Pendidikan Karakter, Pembiasaan Membaca Al-Qur’an ABSTRACT Tiara Ayu Pangestika, Formation of Character Education Based on Reading Al-Qur'an Habits During the Pandemic (Case Study: Yappa Depok Junior High School), Thesis: Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2021. This study aims to describe the process of getting used to reading the Al-Qur'an-to know what characters can be formed through habituation to reading the Al-Qur’an, and to determine the supporting and inhibiting factors for the formation of character education based on reading the Al-Qur'an habituation during the pandemic. Thomas Lickona in Samani's book entitled Concepts and Models of Character Education proposes that the formation of character education is a form of conscious and continuous effort to help a person so that he can pay attention, understand, and implement character values well in his life. everyday life to become a habit. The research method used by researchers is qualitative research method using descriptive analysis. The data collection techniques are observation, interview, documentation and questionnaires. The results of this study indicate that the habituation of reading Al-Qur'an lasts for 15 minutes in each house by documenting the activity of reading the Koran through photos / videos sent via google classroom or whatsapp group. The character values that are formed through the habit of reading the Al-Qur'an are religious, honest, disciplined, fond of reading, and responsible. Supporting factors and inhibiting factors for character formation based on the habit of reading Al-Qur'an are internal factors, namely student personality, while external factors are family environment, school environment, and community environment. Keywords: Character Education Formation, Al-Qur'an Reading Habit

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Sari Narulita, Lc., M.Si 2) Rihlah Nur Aulia, MA
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 10854 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2021 03:19
Last Modified: 28 Aug 2021 03:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17734

Actions (login required)

View Item View Item