THE USE OF HEDGING DEVICES IN STUDENTS’ ORAL PRESENTATIONS

SITI NAVILA, . (2014) THE USE OF HEDGING DEVICES IN STUDENTS’ ORAL PRESENTATIONS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
HALAMAN JUDUL, LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, ACKNOWLEDGEMENT, TABLE OF CONTENT.pdf

Download (196kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (34kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf

Download (65kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf

Download (17kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf

Download (167kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf

Download (23kB)
[img] Text
REFERENCES.pdf

Download (64kB)
[img] Text
APPENDICES.pdf

Download (853kB)

Abstract

Hedging sebagai jenis kompetensi pragmatis merupakan satu bagian penting untuk mencapai tujuan dalam komunikasi, khususnya dalam wacana akademik dimana proses berbagi pengetahuan terjadi. Wacana akademik menuntut kelayakan dan kesederhanaan seorang penulis maupun pembicara dalam menyatakan argumen, diantaranya dengan memperhatikan kesopanan, berhati-hati dan tentatif, dan membedakan opini pribadi dan fakta yang mana aspek tersebut dapat dicapai melalui hedging. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan hedging devices yang digunakan oleh mahasiswa juga untuk menganalisa bagaimana mahasiswa menggunakan hedging devices pada presentasi lisan. 23 presentasi lisan dari mahasiswa 11 Dik B pada ujian akhir mata kuliah Academic Presentation direkam dan diteliti secara bentuk dan fungsinya berdasarkan klasifikasi hedging oleh Meyer (1994). Penelitian menunjukkan bahwa hedging devices yang paling sering digunakan oleh mahasiswa adalah kategori shields yang mencapai sekitar 63.18% dari semua kategori hedging devices yang diteliti dan mahasiswa umumnya menggunakannya ketika mereka memberikan suggestion (saran), menyatakan suatu klaim, memberikan opini untuk memberikan jawaban yang memungkinkan namun tetap valid, dan ketika menawarkan solusi. Peneliti menyarankan hedging dapat diperkenalkan dalam pembelajaran karena konflik potensial yang biasa muncul ketika menyampaikan gagasan dalam konteks akademik seperti ketidaksetujuan, kritik, dan penilaian pribadi dapat dikurangi dengan penggunaan hedging. Hal ini juga bermanfaat bagi siswa dalam meraih kompetensi akademik dengan kemampuan menyampaikan gagasan secara tepat dan dapat lebih diterima dalam wacana akademik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Darmahusni, M.A.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 21 Nov 2019 15:40
Last Modified: 21 Nov 2019 15:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item View Item