PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SEKOLAH DASAR MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA

FAIZAH SUKOCO, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SEKOLAH DASAR MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (836kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media puzzle digital untuk pembelajaran PPKn kelas IV sekolah dasar dengan materi keanekaragaman budaya. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Bendungan Hilir 09 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu: 1) Analysis (analisis), 2) Design (perancangan), 3) Development (pengembangan), 4) Implementation (implementasi), 5) Evaluation (evaluasi). Untuk dapat mengetahui kevalidan media ini, dilakukan uji pakar media, uji pakar Bahasa, dan uji pakar materi. Sedangkan untuk kepraktisan dari media ini dilakukan uji coba secara terbatas dengan melibatkan 16 siswa yang kemudian diberikan angket, untuk mengetahui hasil respon peserta didik terhadap media puzzle digital yang dikembangkan. Hasil penelitian ini berupa media puzzle digital untuk pembelajaran PPKn kelas IV sekolah dasar dengan materi keanekaragaman budaya. Media puzzle digital untuk pembelajaran PPKn terbukti valid dengan persentase 100% untuk media, 92,5% untuk Bahasa, dan 92,5% untuk materi. Selain valid, media puzzle digital untuk pembelajaran PPKn juga terbukti praktis. Hal ini terbukti berdasarkan hasil angket respon dari peserta didik, dengan hasil persentase mencapai 94,27%. The purpose of the study was to develop digital puzzle media for civics learning of grade fourth elementary school with materials on cultural diversity. The subjects in this study were student of grade fourth SDN Bendungan Hilir 09 Pagi. This study uses the R&D research method with the ADDIE development model consisting of 5 steps, namely: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. To determine the validity of this media, a media expert test, a language expert test, and a material expert test were carried out. As for the practically of this media, a limited trial involving 16 students who were then given a questionnaire, to find out the students’ responses to to digital puzzle media developed. The result of this study were digital puzzle media for civics learning of grade fourth with materials on cultural diversity. Digital puzzle media for civics learning were proven valid with a percentage of 100% for media, 92,5% for language, and 92,5% for materials. Apart being valid, digital puzzle media for civics learning have proven practical. This is eviden based on the result of questionnaire responses from students, with the percentage reaching 94,27%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd ; 2). Dr. Herlina Usman, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 11353 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:33
Last Modified: 27 Aug 2021 03:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17780

Actions (login required)

View Item View Item