PENANAMAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM MENGERJAKAN TUGAS SISWA MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi kualitatif di SMP Negeri 9 Bekasi)

SABASTIAN RAMADHAN TAMPUBOLON, . (2021) PENANAMAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM MENGERJAKAN TUGAS SISWA MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi kualitatif di SMP Negeri 9 Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1 (1).pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB 2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Cover (2).pdf

Download (815kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara untuk menanamkan nilai tanggung jawab dalam hal ini tanggung jawab dalam mengerjakan tugas oleh siswa melalui mata pelajaran PPKn, dilihat melalui pemahaman tanggung jawab dalam mengerjakan tugas oleh peserta didik dan cara pembelajaran oleh pendidik dalam mata pelajaran PPKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini di lakukan pada bulan Mei – Juni 2021. Wawancara dilakukan dengan informant yaitu 10 peserta didik yang dipilih secara acak dan key informant yaitu guru PPKn di lokasi penelitian, dan diperkuat dengan pendapat ahli yang ahli di bidang tersebut. Hasil penelitian menunjukan penyebab turunnya nilai tanggung jawab mengerjakan tugas siswa di lokasi penelitian dipengaruhi oleh kesadaran tiap individu dan lingkungan dimana individu itu berada. Bentuk penanaman melalui mata pelajaran PPKn dilakukan dengan guru PPKn menggunakan cara pembelajaran yang cocok saat menjelaskan materi dalam mata pelajaran PPKn saat mengajar siswa karena semua materi dalam mata pelajaran PPKn dapat dihubungkan dengan nilai tanggung jawab serta didukung oleh lingkungan yang baik dapat mempengaruhi tingkat tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugasnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perubahan sistem pembelajaran mempengaruhi karakter dari para peserta didik. Perubahan ini bisa berdampak menjadi penurunan nilai tanggung jawab siswa. Peningkatan cara pembelajaran dari pendidik akan mempengaruhi tingkat tanggung jawab siswa baik dalam mengikuti pelajaran atau dalam mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Etin Solihatin, M. Pd. 2) Iqbal Syafrudin, M.I,P.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Politik > Ilmu Politik (umum)
Ilmu Politik > Pancasila
Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 10767 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:06
Last Modified: 30 Aug 2021 03:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17860

Actions (login required)

View Item View Item