ASTI APRILIA, . (2018) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KEJURUAN OPERATOR KOMPUTER DI PUSAT PELATIHAN KERJA DAERAH (PPKD) JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover.pdf Download (157kB) |
|
Text
3. Lembar Persetujuan.pdf Download (309kB) |
|
Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf Download (254kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) |
|
Text
11. a. BAB I.pdf Download (458kB) |
|
Text
11. b. BAB II.pdf Download (688kB) |
|
Text
11. c. BAB III.pdf Download (691kB) |
|
Text
11. d. BAB IV.pdf Download (773kB) |
|
Text
11. e. BAB V.pdf Download (157kB) |
|
Text
12. Daftar Pusataka.pdf Download (256kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan informasi tentang pelaksanaan Program Pelatihan Kejuruan Operator Komputer di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Selatan. Penelitian evaluasi ini menggunakan model evaluasi Context, Input, Process, dan Product (CIPP) dengan pendekatan evaluatif serta metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Pelatihan Kejuruan Operator Komputer di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Selatan dilaksanakan dengan baik sesuai dengan kriteria evaluasi; 1) hasil evaluasi pada latar belakang, tujuan, dan analisis kebutuhan program pelatihan menunjukkan kesesuaian dengan kriteria evaluasi dengan kategori baik namun tidak ada dasar hukum yang kuat untuk pelaksanaan program pelatihan kejuruan operator komputer di PPKD Jakarta Selatan karena berlandaskan analisis kebutuhan dari masyarakat dan perusahaan atau industri. 2) hasil evaluasi pada sumber daya manusia, alokasi anggaran, sasaran, sarana dan prasarana, kurikulum, dan silabus menunjukkan kesesuaian dengan kriteria evaluasi dengan kategori baik namun perlu dilakukan kembali penyesuaian antara materi pembelajaran dengan kebutuhan nyata di dunia kerja. 3) hasil evaluasi pada persiapan, pembukaan, pembelajaran, dan pelaksanaan uji kompetensi menunjukkan kesesuaian dengan kriteria evaluasi dengan kategori baik namun perlu diadakan peningkatkan peran instruktur dalam proses pelatihan agar tujuan pelaksanaan pelatihan dapat tercapai dengan baik. 4) hasil evaluasi pada hasil program pelatihan kejuruan operator komputer menunjukkan kesesuai dengan kriteria evaluasi, namun program pelatihan belum efektif karena penyerapan alumni pelatihan di dunia kerja yang masih sedikit sehingga tujuan belum tercapai dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Suryadi 2) Dr. Neti Karnati, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 10:52 |
Last Modified: | 22 Nov 2019 10:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1787 |
Actions (login required)
View Item |