PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH DASAR DI JEPANG

GALIH SATRIO PAMUJI, . (2021) PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH DASAR DI JEPANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Pendidikan Lingkungan Hidup merupakan sebuah upaya untuk melindungi lingkungan dengan merubah sudut pandang masyarakat mengenai lingkungan. Pendidikan lingkungan hidup di Jepang lahir pada tahun 1970 akibat maraknya kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Pendidikan lingkungan hidup masuk kedalam kurikulum pendidikan Jepang dengan diterbitkannya panduan Kankyōkyōiku shidōshiryō. Panduan Kankyōkyōiku shidōshiryō mengatur rancangan kegiatan belajar pendidikan lingkungan hidup di kelas maupun di luar kelas. Panduan Kankyōkyōiku shidōshiryō ini tidak hanya ada dalam kurikulum formal, namun juga termuat di kurikulum tersembunyi. Oleh karena itu, perlu ditinjau kembali posisi pendidikan lingkungan hidup dalam kurikulum Jepang. Pengumpulan referensi dalam penelitian ini adalah buku, artikel, jurnal daring dan website. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan lingkungan hidup di sekolah dasar di Jepang berdasarkan dari sudut pandang kurikulum aktual maupun tersembunyi. Penerapan pendidikan lingkungan hidup di sekolah mengikuti perspektif Educational for Sustainable Development yang termuat dalam panduan Kankyōkyōiku shidōshiryō. Sehingga masing-masing sekolah dapat memodifikasi kurikulum sendiri sesuai tema yang diambil berdasarkan kondisi lingkungan sekitar. Selain itu, sekolah dapat melakukan kegiatan diluar kurikulum sekolah agar siswa dapat mempraktikkan apa yang mereka pelajari di sekolah. Sehingga pendidikan lingkungan hidup menjadi pelengkap dari kurikulum formal di sekolah. Kata Kunci: Pendidikan lingkungan hidup, kurikulum aktual, kurikulum tersembunyi ******** Abstract The purpose of this study was to determine the application of environmental education in elementary schools in Japan from the point of view of the actual curriculum and the hidden curriculum and the function of the curriculum in environmental education at the elementary school level in Japan. The method used in this research is a literature study method by collecting data through online scientific journal articles. This study uses Sanjaya's actual curriculum and Subandijah's hidden curriculum point of view to determine the classification of the actual and hidden curriculum in the application of environmental education. The results of this study show that environmental education is applied both in and outside the classroom, and each application is included in the actual curriculum and hidden curriculum based on the perspective of Educational for Sustainable Development (ESD). Environmental education here also contains two curriculum functions according to Mcneil, namely the exploration function and specialization.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dwi Astuti Retno Lestari, M.Si. M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 10611 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:10
Last Modified: 19 Jan 2024 00:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17882

Actions (login required)

View Item View Item