PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E- HANDOUT POLA ARGUMENTASI TOULMIN DALAM TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN RUBRIK KOMPAS KARIER HARIAN KOMPASIANA

AINUN QOLBI, . (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E- HANDOUT POLA ARGUMENTASI TOULMIN DALAM TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN RUBRIK KOMPAS KARIER HARIAN KOMPASIANA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berangkat dari sebuah permasalahan yang memungkinkan peserta didik menambah berbagai wawasan dan ilmu pengetahuan inilah perlu dilakukan upaya yang lebih nyata dan relevan untuk mendalami Kompetensi Dasar yang terdapat dalam Kurikulum dalam setiap Jenjang SMA Kelas X SMA, yang berisikan KD 3.4 (Pengetahuan) Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi dan dikembangkan menjadi KD 4.4. (Keterampilan) Mengontrusikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalaahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) struktur dan kebahasaan. Tujuan Penelitian ini yaitu mengembangkan bahan ajar dengan mengejawantahkan Pola Pola Argumentasi dari bagian teks eksposisi yaitu Argumen agar peserta didik dapat memiliki daya nalar yang luas dalam proses pengembangan ide serta gagasan penjelas, pengembangan ini menitiberatkan kepada Prespetif Toulmin. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analisis, Desain, Develompent, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 36 Jakarta selama kurang lebih 8 bulan dari bulan November 2020- Juni 2021 dengan melibatkan Pendidik Bahasa Indonesia dan Peserta Didik Kelas X MIPA 1 dan 2. Hasil penelitian ini menunjukkan pada tahap analisis masih minimnya sebuah sumber belajar (bacaan) yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengembangkan sebuah keterampilan menulis dalam KD yang dimaksudkan sehingga peserta didik membutuhkan Bahan Ajar yang mampu meningkatkan keahlian dalam menuliskan tulisan secara runtut dan sistematis tentang teks eksposisi dengan struktur Pola Argumentasi dari Prespektif Teori Toulmin. Pada tahap desain (rancangan) produk bahan ajar E- Handout ada empat tahapan yaitu Peta Konsep, Penjelasan Elemen Argumentasi Toulmin, penjelasan Pola Argumentasi Toulmin, serta evaluasi produk Bahan Ajar Teori Toulmin. Pada Tahap Development dilakukan beberapa revisi dari tim expert Uji Validasi dari Ahli Materi dan Media dengan beberapa perbaikan materi dan media, juga diuji oleh Uji Praktisi yaitu Guru Bahasa dan Sastra Indonesia. Pada Tahap Implementasi diperoleh sebuah kesimpulan dari ahli materi dengan memberikan nilai sebesar 86 dengan kategori Sangat Layak digunakan. Ahli Media dari tahap awal pengujian sampai akhir memberikan nilai sebesar 92 dengan kategori Sangat Layak. Uji Praktisi memberikan nilai sebesar 95 dan dari respon peserta didik didapati peniliaain tiap aspek terpisah dengan rata rata nilai 92 dalam rincian tabel Sangat Layak. Pada tahap terakhir Evaluasi perlu dilakukan uji sampel secara homogenitas agar produk tersebut benar benar layak untuk digunakan. Kata kunci : Pengembangan Bahan Ajar, E- Handout, Pola Argumentasi, Toulmin. ************ Departing from a problem that allows students to add various insights and knowledge, it is necessary to make a more real and relevant effort to explore the Basic Competencies contained in the Curriculum in each High School Level X Class SMA, which contains KD 3.4 (Knowledge) Analyzing structure and language exposition text and developed into KD 4.4. (Skills) Constructing the expository text by paying attention to the content (problems, arguments, knowledge, and recommendations) structure and language. The purpose of this study is to develop teaching materials by embodying the Argumentation Patterns from the exposition text section, namely Arguments so that students can have broad reasoning power in the process of developing ideas and explanatory ideas, this development focuses on Toulmin's perspective. This study uses the ADDIE method (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). This research was conducted at SMA N 36 Jakarta for approximately 8 months from November 2020-June 2021 involving Indonesian Language Educators and Class X MIPA 1 and 2 students. The results of this study indicate that at the analysis stage there is still a lack of learning resources (reading). required by students to develop a writing skill in KD which is intended so that students need teaching materials that are able to improve skills in writing coherently and systematically about exposition texts with the structure of the Argumentation Pattern from the Perspective of Toulmin's Theory. At the design stage of the E-Handout teaching material product, there are four stages, namely the Concept Map, Explanation of Toulmin's Argument Elements, explanation of Toulmin's Argumentation Pattern, and evaluation of the Toulmin Theory Teaching Material product. In the Development Phase, several revisions were made from the Validation Test expert team from the Materials and Media Experts with several improvements to the material and media, also tested by the Practitioner Test, namely the Indonesian Language and Literature Teacher. In the Implementation Phase, a conclusion was obtained from the material expert by giving a score of 86 with the category of Very Appropriate to use. Media Experts from the initial stage of testing to the end gave a score of 92 with the Very Eligible category. The Practitioner Test gave a score of 95 and from the student's responses it was found that each aspect was assessed separately with an average score of 92 in the table details Very Eligible. At the last stage of evaluation, it is necessary to test the sample homogeneity so that the product is truly feasible to use. Keywords: Development of Teaching Materials, E-Handout, Argumentation Pattern, Toulmin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fathiathy Murtadho, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Endry Beoriswati, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 10724 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2021 06:07
Last Modified: 06 Oct 2022 02:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17901

Actions (login required)

View Item View Item