HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA SMK NEGERI 41 JAKARTA

MUHAMMAD UMAR ZAID, . (2021) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA SMK NEGERI 41 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan jasmani di SMK Negeri 41 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 7 hari pada awal bulan juli 2021. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 41 Jakarta dengan populasi terjangkau adalah 5 kelas yaitu kelas AKL-1, OTKP-1, OTKP-2, MM-1, MM-2 yang berjumlah 180 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan taraf 50% sehingga didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 90 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen dan angket atau kuisioner. Untuk mendapatkan data hasil (Y), dilakukan dengan cara menghitung nilai raport semester siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani semester genap. Kemudian data lingkungan keluarga (X1) dan motivasi belajar (X2) didapatkan dari hasil sebaran angket atau kuisioner pada responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji koefisiensi korelasi ganda, uji multikolinearitas, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan diketahui terdapat hubungan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar, dilihat dari analisis data yang menunjukan nilai thitung sebesar 3,90 > dari ttabel 1,98. Diketahui terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, dilihat dari analisis data yang menunjukan nilai thitung sebesar 4,11 > dari ttabel 1,98. Kemudian lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh dengan hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukan nilai Fhitung sebesar 12,149 > dari Ftabel 3,101. Kata Kunci : Hasil belajar, lingkungan keluarga, motivasi belajar. ABSTRACT This study aims to determine whether there is a relationship between family environment and learning motivation with learning outcomes in physical education subjects at SMK Negeri 41 Jakarta. This research was conducted for 7 days in early July 2021. This study used a survey method with a quantitative approach. The population in this study were all students of class X SMK Negeri 41 Jakarta with an affordable population of 5 classes, namely class AKL-1, OTKP-1, OTKP-2, MM-1, MM-2 totaling 180 students. The sampling technique used was random sampling with a level of 50% so that the number of research samples was 90 students. Data collection techniques using document recording techniques and questionnaires or questionnaires. To get the result data (Y), it is done by calculating the student's semester report cards in the even semester physical education subjects. Then the data on the family environment (X1) and learning motivation (X2) were obtained from the results of the distribution of questionnaires or questionnaires to respondents. The data analysis technique used is the requirements analysis test which consists of normality test and linearity test, multiple correlation coefficient test, multicollinearity test, hypothesis testing consisting of F test and t test. Based on the results of the analysis obtained, it is known that there is a relationship between the family environment and learning outcomes, seen from the data analysis which shows the tcount value of 3.90 > from ttable 1.98. It is known that there is a relationship between learning motivation and learning outcomes, seen from the data analysis which shows the tcount value of 4.11 > from ttable 1.98. Then the family environment and learning motivation jointly affect learning outcomes, this can be seen from the results of data analysis which shows the Fcount value of 12.149> from Ftable 3.101. Keywords: learning outcomes, family environment, learning motivation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Kurnia Tahki, M.Pd ; 2.) Slamet Sukriadi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 11144 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2021 10:14
Last Modified: 29 Aug 2021 03:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17933

Actions (login required)

View Item View Item