PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA PRAKTIKUM MATERI FLUIDA BERBANTUAN ADOBE FLASH DAN SIMULASI PHET UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH

DATU KIRANA, . (2021) PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA PRAKTIKUM MATERI FLUIDA BERBANTUAN ADOBE FLASH DAN SIMULASI PHET UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (901kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perubahan proses pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka menjadi proses pembelajaran jarak jauh dikarenakan oleh pandemi Covid-19. Berdasarkan analisis kebutuhan yang telah dilakukan, beberapa SMA di Jakarta dan Bogor tidak dapat melakukan praktikum fisika selama pembelajaran jarak jauh, sehingga diperlukan media yang dapat membantu situasi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa laboratorium virtual dengan berbantuan Adobe Flash dan Simulasi PhET sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar yang dapat membantu menunjang praktikum fisika selama proses pembelajaran jarak jauh pada materi fluida statis dan fluida dinamis kelas 11 SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dengan menggunakan skala likert. Laboratorium virtual ini telah melalui tahap uji validasi dengan persentase ahli materi 90%, ahli media 80% dan ahli pembelajaran 62,7%. Uji coba laboratorium virtual ini dilakukan terhadap peserta didik kelas XII MIPA dan guru fisika di SMA Negeri 1 Leuwiliang dengan persentase yang didapat 96% menurut guru dan 82,43% menurut peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh data bahwa laboratorium virtual pada praktikum materi fluida berbantuan adobe flash dan simulasi PhET untuk menunjang pembelajaran jarak jauh merupakan media yang layak digunakan untuk membantu menunjang praktikum fluida selama proses pembelajaran jarak jauh. This research is motivated by a change in the learning process, which is usually carried out face to face to a distance learning process due to the Covid-19 pandemic. Based on a needs analysis, several high schools in Jakarta and Bogor cannot do physics practicum during distance learning, so media are needed to help the current situation. This research aims to produce a product in the form of virtual laboratory assisted by Adobe Flash and PhET simulation that is suitable to be used as a learning resource that can help support physics practicum during the distance learning process on static fluid and dynamic fluid material for grade XI in high school. This research uses the Research and Development (R&D) methods with the ADDIE model. The instrument in this research was a questionnaire using the Likert scale. This virtual laboratory has passed through the validation test stage with the percentage of material experts 90%, media experts 80%, and learning experts, and 62,7%. This virtual laboratory was conducted on students of grade XII MIPA and physics teacher at SMA Negeri 1 Leuwiliang Bogor with the percentage obtained 96% according to teacher and 82,43% according to students. Based on these results, the data that was obtained that the virtual laboratory on fluid material practicum by adobe flash and PhET simulation to support distance learning is a suitable media to support fluids practicum during the distance learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Vina Serevina, M.M ; 2). Dra. Raihanati, M.Pd
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11593 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:41
Last Modified: 30 Aug 2021 02:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17954

Actions (login required)

View Item View Item