IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DARING SEBAGAI ALTERNATIF KEGIATAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 12 JAKARTA PADA MASA PENDEMI COVID-19

RIAN MAULANA PUTRA, . (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DARING SEBAGAI ALTERNATIF KEGIATAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 12 JAKARTA PADA MASA PENDEMI COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (129kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Rian Maulana Putra, Implementasi Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Kegiatan Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 12 Jakarta Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2021 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran daring di SMA Negeri 12 Jakarta, Untuk mengetahui bagaimana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Daring PAI di SMA Negeri 12 Jakarta, Pelaksanaan Model Pembelajaran Daring PAI dan Evaluasi. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan dalam pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 12 jakarta yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan ajuran pemerintah dan sesuai dengan silabus. Kedua, Pelaksanaan Model Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 12 Jakarta Sebelum ditetapkannya keputusan secara online model pembelajaran yang di terapkan oleh guru PAI SMA Negeri 12 Jakarta yaitu masing masing guru mempunyai akun Simak/Si Pintar. Sampai akhirnya adanya keputusan untuk belajar secara online semua guru di SMA Negeri 12 jakarta khususnya guru Pendidikan Agama Islam tinggal meneruskan aplikasi simak/sipintar dari dinas Pendidikan DKI Jakarta kemudian ditambah lagi aplikasi-aplikasi yang banyak diketetahui banyak orang seperti google classroom, Whattshap, dan Zoom Meating. Ketiga, Adapun evaluasi secara daring dilakukan dengan fokus pada kesiapan sumber daya (guru, dan fasilitas), penguasaan teknologi oleh peserta didik, prinsip-prinsip pembelajaran tuntas, otonomi, kreativitas, kemandirian peserta didik, peningkatan pengetahuan, keterampilan peserta didik, interaksi yang terjadi antara guru dan peserta didik, peningkatan nilai-nilai karakter peserta didik, peningkatan motivasi belajar peserta didik, akurasi peningkatan kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran. Ini adalah indikator keberhasilan pembelajaran daring yang ditetapkan oleh peneliti. Kata Kunci : Implementasi, Model Pembelajaran, Pembelajaran Daring ABSTRACT Rian Maulana Putra, Implementation of Online Learning Models as an Alternative to Learning Activities for Islamic Religious Education at SMA Negeri 12 Jakarta during the Covid-19 Pandemic. Thesis, Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University. 2021 This study aims to determine how the implementation of the online learning model in SMA Negeri 12 Jakarta, to find out how the PAI Online Learning Implementation Plan (RPP) in SMA Negeri 12 Jakarta, Implementation of the PAI Online Learning Model and Evaluation. In this research, the type of research used is qualitative research using qualitative descriptive methods. Data collection procedures used were observation, interviews, and documentation. The results showed that, 1) The Learning Implementation Plan (RPP) used in online learning during the Covid-19 pandemic at SMA Negeri 12 Jakarta was the learning implementation plan (RPP) that was in accordance with government advice and in accordance with the syllabus. 2) Implementation of the Online Learning Model for Islamic Religious Education at 12 Jakarta Public High School Before the online decision was made, the learning model applied by PAI teachers at SMA Negeri 12 Jakarta was that each teacher had a Simak / Si Pintar account. Until finally there was a decision to study online for all teachers at 12 Jakarta Public High School, especially Islamic Religious Education teachers, just need to continue the listening / smart application from the DKI Jakarta Education Office then add more applications that many people know such as google classroom, Whattshap, and Zoom. Meating. 3) The online evaluation is carried out with a focus on the readiness of resources (teachers and facilities), mastery of technology by students, principles of complete learning, autonomy, creativity, independence of students, increased knowledge, skills of students, interactions that occur between teachers. and students, increasing the character values of students, increasing the motivation to learn of students, increasing accuracy in the ability of students in the learning process. This is an indicator of online learning success set by the researcher. Keywords: implementation, learning model, online learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Khairil Ihsan Siregar, MA 2. Ahmad Hakam, MA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 10907 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2021 05:49
Last Modified: 15 Nov 2021 06:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17969

Actions (login required)

View Item View Item