PEMBENTUKAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI DARING PADA PEMBELAJARAN PPKN (STUDI KUALITATIF PADA SISWA KELAS IX SMPN 5 SUNGAILIAT KABUPATEN BANGKA)

KHONILA, . (2021) PEMBENTUKAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI DARING PADA PEMBELAJARAN PPKN (STUDI KUALITATIF PADA SISWA KELAS IX SMPN 5 SUNGAILIAT KABUPATEN BANGKA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK KHONILA, Pembentukan Tanggung Jawab Siswa Melalui Daring pada Pembelajaran PPKn (Studi Kualitatif pada Siswa Kelas IX SMPN 5 Sungailiat Kabupaten Bangka), Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Daring dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas IX SMPN 5 Sungailiat pada pembelajaran PPKn dan mengetahui upaya apa yang dilakukan untuk membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas IX SMPN 5 Sungailiat melalui Daring pada pembelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dimulai dari bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan informan yaitu 10 siswa kelas IX A, B, dan D, serta key informan yaitu Guru PPKn SMPN 5 Sungailiat. Serta melakukan proses konfirmasi dengan seorang ahli yaitu Dosen Prodi PPKn FIS Univeristas Negeri Jakarta. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah siswa XI SMPN 5 Sungailiat selama melaksanakan Daring pada pembelajaran PPKn, melaksanakannya secara bertanggung jawab walaupun masih ada kendala-kendala. Upaya guru membentuk tanggung jawab siswa kelas IX SMPN 5 Sungailiat melalui Daring pada pembelajaran PPKn yaitu dengan memberikan tugas dan menetapkan waktu pengumpulannya, memberikan motivasi dan apresiasi, dan memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Daring, PPKn ABSTRACT KHONILA, Shaping Responsibilities of Students through E-learning in PPKn Learning (Qualitative Study on 9th Grade Students of SMPN 5 Sungailiat Bangka Regency), Thesis, Jakarta: Major in Pancasila and Civic Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Jakarta. 2021 This research aims to find out how the implementation of e-learning in shaping responsible characteristic of 9th grade students of SMPN 5 Sungailiat in PPKn learning and to know what efforts are made to shape the responsible characteristic of 9th grade students of SMPN 5 Sungailiat through e-learning in PPKn learning. The research method used in this research is descriptive qualitative research method. This research started from Maret to Mei 2021. Data collection techniques are done by observation, documentation, and interviews. Interviews were conducted with informants, namely 10 9th grade students from Class A, B, and D, and a key informant, which was the PPKn teacher of SMPN 5 Sungailiat. Also carried out the confirmation process with an expert, the Character Lecturer. Data analysis was done by data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The conclusion of this research is 9th grade students of SMPN 5 Sungailiat throughout did the e-learning in PPKn learning, carry it out properly be responsibility even though there are still obstacles. The teachers' efforts to shape the responsible characteristic of 9th grade students of SMPN 5 Sungailiat through e-learning in PPKn learning are to give assignments and set the time for collection, provide motivation and appreciation, and give sanctions to students who violate. Keywords: Responsibility, E-learning, PPKn

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dwi Afrimetty Timoera, S.H., M.H. 2). Drs. Agus Martono, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 10972 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2021 05:56
Last Modified: 28 Aug 2021 05:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18012

Actions (login required)

View Item View Item