PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW) PADA TEKS BIOGRAFI UNTUK SISWA KELAS X SMA/SMK

HAFIFAH SEPTIYANTI, . (2021) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW) PADA TEKS BIOGRAFI UNTUK SISWA KELAS X SMA/SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran PQ4R pada Teks Biografi untuk Siswa Kelas X SMA/SMK. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret hingga bulan Juli 2021. Fokus penelitian ini ialah pengembangan strategi pembelajaran PQ4R pada teks biografi untuk siswa kelas X SMA/SMK. Penggunaan strategi pembelajaran PQ4R pada teks biografi ini bertujuan untuk membantu guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan R&D (Research & Development) model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yakni (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Pelaksanaan uji keterbacaan produk dilakukan dengan uji skala kecil oleh 10 siswa kelas X SMKN 64 Jakarta dengan menggunakan aplikasi dalam jaringan yaitu Google Meet. Berdasarkan hasil persepsi guru dan siswa, menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan memperoleh rata-rata skor sebesar 3,62 dengan rata-rata persentase sebesar 90,67% dan mendapat kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli desain pembelajaran, ahli materi, dan guru bahasa Indonesia, disimpulkan bahwa produk Pengembangan Strategi Pembelajaran PQ4R pada Teks Biografi untuk Siswa Kelas X SMA/SMK secara umum dapat dikatakan “layak digunakan” dalam proses belajar mengajar sebagai alternatif rancangan pembelajaran teks biografi. Peneliti juga merekomendasikan strategi pembelajaran PQ4R ini untuk dapat diimplementasikan pada teks lain. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Teks Biografi, Strategi PQ4R. *********** ABSTRACT This study aims to develop PQ4R learning strategies on biographical texts for class X SMA/SMK students. This research was conducted from March to July 2021. The focus of this research is the development of PQ4R learning strategies in biographical texts for students of class X SMA/SMK. The use of the PQ4R learning strategy in this biographical text aims to assist teachers and students in achieving learning objectives. The approach used in this research is the R&D (Research & Development) approach of the ADDIE model which consists of five stages, namely (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, and (5) Evaluation. The product readability test was carried out with a small-scale test by 10 students of class X SMKN 64 Jakarta using an online application, namely Google Meet. Based on the results of the perceptions of teachers and students, it shows that the product that has been developed has an average score of 3.62 with an average percentage of 90.67% and gets a very good category. Based on the results of assessments from learning design experts, material experts, and Indonesian language teachers, it was concluded that the PQ4R Learning Strategy Development product in Biographical Texts for Class X SMA/SMK students in general can be said to be "fit for use" in the teaching and learning process as an alternative to text learning designs. biography. The researcher also recommends this PQ4R learning strategy to be implemented in other texts. Keywords: Learning Model, Biographical Text, PQ4R Strategy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd. ; 2). Dr. Edi Puryanto, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 10882 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:48
Last Modified: 30 Aug 2021 03:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18045

Actions (login required)

View Item View Item