HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN DENGAN PERSEPSI MAHASISWA KELOMPOK PENGAMAT BURUNG TENTANG PEMELIHARAAN BURUNG YANG DILINDUNGI

DIMAS PANCA SAKTI, . (2021) HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN DENGAN PERSEPSI MAHASISWA KELOMPOK PENGAMAT BURUNG TENTANG PEMELIHARAAN BURUNG YANG DILINDUNGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover,abstrak dll.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy

Abstract

International Union for the Conservation of Nature (IUCN) menyatakan bahwa 22 jenis burung endemic di Indonesia telah dikategorikan kritis dan 27 jenis lainnya terancam punah. Salah satu faktor yang menyebabkan turunnya populasi burung adalah perburuan liar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan keikutsertaan mahasiswa dalam Kelompok Pengamat Burung (KPB) dalam persepsi mahasiswa tentang pemeliharaan burung yang dilindungi. Penelitian dilaksanakan di Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Nasional, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Indonesia. Responden dalam studi ini adalah para mahasiswa yang tergabung dalam kelompok pengamat burung di jurusan biologi di universitas tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis hubungan keikutsertaan dengan persepsi negatif mahasiswa dalam KPB tentang pemeliharaan burung yang dilindungi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan antara keikutsertaan KPB dengan persepsi negatif mahasiswa tentang pemeliharaan burung yang dilindungi kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara keikutsertaan dengan persepsi negatif mahasiswa KPB tentang pemeliharaan burung yang dilindungi. Hubungan yang erat antara keikutsertaan mahasiswa dalam KPB dengan persepsi negatif mahasiswa tentang pemeliharaan burung yang dilindungi. Dengan adanya hubungan yang erat menunjukkan bahwa semakin aktif dalam kegiatan, maka semakin tinggi tingkat persepsi negatif mahasiswa tentang pemeliharaan burung yang dilindungi. The International Union for the Conservation of Nature (IUCN) declared that there are 22 species of endemic birds in Indonesia are categorized as critical and 27 species are declared endangered. It was caused by several factors, one of them is illegal hunt. This study aims to determine and analyze the correlation between students’ participation in Kelompok Pengamat Burung (KPB) and students’ perceptions toward protected birds care. This study was conducted at Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Nasional, Universitas Negeri Jakarta, and Universitas Indonesia. The purpose of this study is to know and analyze the relationship of participation with the negative perception of students in KPB in the maintenance of protected birds. The research method used is descriptive correlational method. The results showed that there is a high correlation between students’ participation in KPB and students’ negative perceptions toward protected birds care. The significant correlation between student participation in KPB and students' negative perception in the bird care of protected birds. With the significant correlation indicate that more active the activity, the higher student's negative perception in the breeding of protected birds.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Suryanda, M.Pd ; 2). Agung Sedayu, M.Sc
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10831 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 04:22
Last Modified: 30 Aug 2021 04:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18118

Actions (login required)

View Item View Item