PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR NAHWU 1 PADA MAHASISWA TINGKAT 2 JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

DWI WULANDARI, . (2013) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR NAHWU 1 PADA MAHASISWA TINGKAT 2 JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Jurusan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta pada bulan Desember 2013 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar nahwu 1 pada Mahasiswa tingkat 2 jurusan bahasa dan satra Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripsi.Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa tingkat 2 jurusan bahasa dan sastra Arab . Sampel penelitian diambil dengan menggunakan purposive sampling (sampel bertujuan). Kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 60 orang. Pengukuran hasil nahwu dengan memberikan tes penguasaan nahwu 1 berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 40 soal pilihan ganda. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors. Hasil uji normalitas pada Mahasiswa dengan kecerdasan tinggi diperoleh (Lhitung) Lo 0,17 dan pada Mahasiswa dengan kecerdasan rendah diperoleh (Lhitung) Lo 0,16 sedangkan Ltabel pada Mahasiswa dengan kecerdasan emosional tinggi diperoleh 0,19 (n = 20, taraf signifikansi 5%) dan pada Mahasiswa dengan kecerdasan emosional rendah diperoleh 0,19 (n = 20, taraf signifikansi 5%) karena kedua (Lhitung) Lo < Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal. Selain itu juga dilakukan pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil perhitungan homogenitas menyatakan bahwa χ²hitung < χ²tabel atau 16,09 < 30,14, artinya kedua data tersebut homogen. Pada uji hipotesis, didapatkan thitung = 1,77. Dengan db 38 dan ttabel = 1,68 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian thitung = 1,77 > ttabel = 1,68 jadi H1 diterima. Maka, terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar nahwu 1. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar nahwu 1 pada mahasiswa tingkat 2 jurusan bahasa dan sastra Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Syamsi Setiadi, M.Pd. ; 2). Muhammad Kamal, M.A.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 25 Nov 2019 10:48
Last Modified: 25 Nov 2019 10:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1813

Actions (login required)

View Item View Item