Analisis Kompetensi Guru Non Sertifikasi Pada Keahlian Persiapan Grafika Dalam Program Produktif Mata Pelajaran Desain dan Setting Di Kelas XI SMK Grafika Desa Putera Jakarta Selatan

HENDRA WIJAYA, . (2014) Analisis Kompetensi Guru Non Sertifikasi Pada Keahlian Persiapan Grafika Dalam Program Produktif Mata Pelajaran Desain dan Setting Di Kelas XI SMK Grafika Desa Putera Jakarta Selatan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar-Daftar.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB I, II, III, IV, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Guru memiliki peran yang penting dalam pendidikan. Guru Sekolah Menengah Kejuruan, saat ini dan masa yang akan datang memerlukan pembenahan masalah peningkatan kompetensi khususnya pada guru-guru yang mengajar dalam program produktif. Di dalam program produktif ini berisi mata pelajaran yang langsung berhubungan dengan keahlian atau keterampilan siswa ketika di dunia kerja termasuk mata pelajaran yang berhubungan dengan bidang seni rupa. Program produktif khususnya pada keahlian pesiapan grafika di SMK Grafika Desa Putera Jakarta Selatan terdapat dua program yaitu 1) program teori yang terdiri dari kompetensi dasar kejuruan dan kompetensi kejuruan, dan 2) program praktik. Mata pelajaran desain dan setting termasuk di dalam komponen kompetensi kejuruan pada keahlian persiapan grafika di SMK Grafika Desa Putera Jakarta Selatan. Keahlian persiapan grafika desain dan setting yang diberikan kepada siswa yaitu Adobe Illustrator CS3, Adobe Photoshop CS3, dan Adobe InDesign CS3. Sebagai seorang pendidik, guru diwajibkan untuk dapat menguasai ke tiga software desain dan setting tersebut. Oleh karena itu, sebuah studi perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kompetensi seorang guru yang mengajar mata pelajaran pada program produktif di Sekolah Menengah Kejuruan telah memiliki kompetensi bidang produktif yang diajarkannya terlebih lagi guru mata pelajaran desain dan setting di SMK Grafika Desa Putera Jakarta Selatan ini belum mengikuti program sertifikasi guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menjelaskan kompetensi guru non sertifikasi pada program produktif khususnya pada keahlian persiapan mata pelajaran desain dan setting di kelas XI SMK Grafika Desa Putera Jakarta Selatan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling method. Metode yang digunakan dalam penyediaan data adalah dengan cara melakukan observasi partisipasi pasif yang dilakukan oleh peneliti, wakil bidang kurikulum di SMK Grafika Desa Putera Jakarta Selatan, dan guru seni budaya di SMK Teladan Jakarta Selatan, wawancara semiterstruktur kepada guru desain dan setting kelas XI, dan kuesioner yang diisi oleh kepada 32 orang siswa pada keahlian persiapan grafika di kelas XII SMK Grafika Desa Putera Jakarta Selatan. Data penelitian yang telah diperoleh kemudian dideskripsikan dan dianalisis untuk keakuratan dan kevalidan data. Adapun analisis yang diterapkan sesuai dengan kompetensi profesional guru yaitu; 1) menguasai materi, konsep, melaksanakan, dan mengontrol pembelajaran mata pelajaran yang diampu, 2) mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, 3) mengembangkan keprofesionalan diri secara berkelanjutan, 4) menguasi standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu, dan 5) memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi untuk mengembangkan diri. Berdasarkan aspek situasi yang melatarbelakangi tersebut dapat dikatakan bahwa kompetensi guru non sertifikasi pada keahlian persiapan grafika dalam program produktif mata pelajaran desain dan setting di kelas XI SMK Grafika Desa Putera Jakarta Selatan sebagian besar telah terpenuhi, hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya empat dari lima aspek kompetensi yang diamati. Akan tetapi pada aspek mengembangkan keprofesionalan diri secara berkelanjutan dinilai dalam kategori cukup kompeten yang dikarenakan ada beberapa indikator di dalam penilaian yang tidak tercapai hasilnya yaitu guru tidak memperbaiki metode dan strategi pembelajaran, tidak membuat alat dan media pembelajaran yang dikembangkan sendiri, dan tidak melakukan penelitian tindakan kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). I Made Bambang Oka Sudira, M.Sn.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Kesenian > Seni Rupa, Fotografi
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 25 Nov 2019 11:05
Last Modified: 25 Nov 2019 11:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1814

Actions (login required)

View Item View Item