MUHAMAD YUDHA, . (2021) BIOTA LAUT SEBAGAI TEMA DALAM MERANCANG TREN FESYEN BUSANA PRIA 2021. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB I.pdf Download (434kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (889kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf Download (528kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merespon tren fesyen yang dirilis oleh Indonesia Trend Forecasting (ITF) pada tahun 2021 yang memiliki tema besar “The New Beggining” dengan sub tema Essentiality, Spirituality, Explotation, dan Exploration. Perkembangan tren fesyen di dunia sangatlah pesat, perkembangan ini mengubah pola pikir masyarakat yang lebih selektif dalam menentukan gaya hidupnya. Dari tujuan uraian di atas, konsep dari penilitian ini adalah perpaduan dari ragam hias motif biota laut yang sudah dikembangkan (stilasi) dan di adaptasi dengan tren fesyen 2021 yaitu Spirituality yang diaplikasikan pada produk berupa busana pria. Motif biota laut dipilih sebagai motif desain tekstil. Busana pria motif biota laut ini memiliki taret pasar yang dituju pada usia dewasa awal dengan rentang usia sekitar 18-40 tahun yang didasarkan pada teori Elizabeth Hurlock, Developmental Psychology,1991. Karya ini memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri yang terletak pada penggunaan teknik batik tulis pada proses pembuatan desain tekstilmya. Metode penelitian yang digunakan pada tugas akhir ini yaitu menggunakan Practice-led Research yaitu penelitian langsung melalui eksplorasi berkarya dan dilengkapi dengan studi pustaka melalui sumber-sumberr bacaan, angket atau kuesioner yang perupa bagikan kepada target pasar yang dituju. ******* The puposes of this research is to respond a fashion trends releaase by Indonesia Trend Forecasting (ITF) 2021 which is has a big theme “The New Beggining” with a sub theme Essentiality, Spirituality, Explotation, and Exploration. The development of fashion trends in the world is so fast, this development changes the mindset of people who are more selective in determining their lifestyle. From the purpose of the description above, the concept of this research is a combination of decorative motifs of marine life that have been developed (stilasi) and adapted to the 2021 fashion trend, namely Spirituality which is applied to products in the menswear. The marine biota motif was chosen as the textile design motif Menswear with pattern of marine life has a target market of early adulthood with an age range of about 18-40 years which is based on the theory of Elizabeth Hurlock, Developmental Psychology, 1991. This work has its own uniqueness and advantages based of written batik techniques in the process of making textile designs. The research method used in this final project is Practice-led Research, namely direct research through work exploration and is equipped with literature studies through reading sources, questionnaires that the artists distribute to the intended target market.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Mudjiati, M.Pd. ; 2). Dr. R.A Ataswarin Oetopo, M.Pd. |
Subjects: | Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Users 11598 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 06:59 |
Last Modified: | 02 Sep 2021 06:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18158 |
Actions (login required)
View Item |