PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI WARGA BELAJAR PAKET C UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBUATAN MEDIA PEMASARAN (Studi Eksperimen Sederhana di PKBM Negeri 23 Kebon Melati, Jakarta Pusat)

Bagus Pribadi, . (2018) PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI WARGA BELAJAR PAKET C UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBUATAN MEDIA PEMASARAN (Studi Eksperimen Sederhana di PKBM Negeri 23 Kebon Melati, Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (637kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (817kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (658kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15 BAB 5.pdf

Download (310kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pembuatan media pemasaran bagi warga belajar Paket C kelas XII di PKBM Negeri 23 Jakarta Pusat. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ekperimen sederhana. Subjek dalam penelitian ini adalah warga belajar Paket C Kelas XII sebanyak 12 orang dari jumlah populasi 37 orang Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurang optimalnya penggunaan perangkat digital pada warga belajar Paket C dan tidak adanya pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi keterampilan pada warga belajar Paket C. Teknik pengambilan sampel yaitu nonprobability sampling dengan metode sampling purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar untuk mengukur pengetahuan (kognitif) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, instrumen angket untuk mengukur sikap (afektif), uji performance untuk mengukur praktik (Psikomotorik) dan daftar checklist untuk pengamatan aktivitas belajar warga belajar dan fasilitator. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar pada pretest dan posttest yaitu, ranah Kognitif : pretest (18,25) dan posttest (25,33), ranah afektif : pretest (0,00) dan posttest (24,33) dan ranah psikomotorik: pretest (0,00) dan posttest (34,75). Sehingga peningkatan tes hasil belajar diperoleh rata-rata pretest (18,25) dan posttest (84,41). Pengujian signifikasi aktivitas dan hasil belajar warga belajar digunakan rumus uji-t dan diketahui bahwa nilai t hitung 48,505, dengan signifikasi 0,00. Kemudian nilai t tabel untuk df 11 (N-1) pada taraf signifikasi 0,05 adalah 2,201. Berdasarkan hasil, t hitung > t tabel (48,505>2,20). Berdasarkan analisis program pelatihan Digital Marketing bagi warga belajar Paket C dapat meningkatkan kompetensi pembuatan media pemasaran di PKBM Negeri 23 Kebon Melati, Jakarta Pusat. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa tujuan dari penelitian ini telah tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Sri Koeswantono M.Si 2) Jaenal Mutakim M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Nov 2019 14:12
Last Modified: 25 Nov 2019 14:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1823

Actions (login required)

View Item View Item