PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA JEPANG (PENELITIAN EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS XII AKL SMK TRIDAYA JAKARTA)

DIAR CIPTANI PUTRI, . (2021) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA JEPANG (PENELITIAN EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS XII AKL SMK TRIDAYA JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan media quizizz dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode dan desain penelitian pre-experimental one group pretest and posttest yang terdiri dari satu kelas sebagai sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XII AKL SMK Tridaya Jakarta yang berjumlah 32 siswa. Data diperoleh melalui hasil pre-test dan post-test serta angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dan angket menggunakan skala likert. Hasil menunjukkan bahwa setelah menggunakan media quizizz kemampuan membaca bahasa Jepang siswa kelas XII AKL SMK Tridaya Jakarta meningkat. Dengan rumus uji paired sample t-test, dapat diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 dengan thitung sebesar 7.018 pada taraf signifikasi sebesar 5% yang diperoleh ttabel sebesar 2.036. Jadi, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif diterima (H1) karena nilai Sig. (2-tailed) ≤ 5% dan thitung>ttabel. Dalam kata lain, penggunaan media quizizz dapat meningkatkan kemampuan membaca bahasa Jepang. Pembelajaran jarak jauh menggunakan media quizizz memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan belum pernah dirasakan sebelumnya. Dengan adanya kebaruan dalam fitur-fitur quizizz yang dapat menambah manfaat serta kekreativitasan penggunanya, media ini dapat meningkatkan kemampuan membaca bahasa Jepang siswa kelas XII SMK Tridaya Jakarta yang berbasis teknologi, sesuai dengan kurikulum 2013 dan revolusi industri 4.0. This study aims to investigate the use of quizizz media in improving Japanese reading skills. This study used a pre-experimental one group pretest and posttest method and research design which consisted of one class as the sample selected by purposive sampling technique. The sample of this research is class XII AKL SMK Tridaya Jakarta, totaling 32 students. Data were obtained through the results of pre-test and post-test as well as student response questionnaires. The data analysis technique used a paired sample t-test and a questionnaire using a Likert scale. The results showed that after using the quizizz media the Japanese reading ability of the XII graders of AKL SMK Tridaya Jakarta increased. With the paired sample t-test formula, it can be seen that the value of sig (2-tailed) is 0.00 with tcount of 7,018 at a significance level of 5%, obtained ttable of 2,036. So, the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis is accepted (H1) because the value of Sig. (2-tailed) 5% and tcount>ttable. In other words, the use of quizizz media can improve the ability to read Japanese. Distance learning using quizizz media provides a fun learning experience that has never been felt before. With the novelty in Quizizz features that can increase the benefits and creativity of its users, this media can improve the technology-based reading ability of Japanese class XII students of Tridaya Vocational High School Jakarta, in accordance with the 2013 curriculum and the 4.0 industrial revolution.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nia Setiawati, M.Pd. ; 2). Dr. Nur Saadah Fitri Asih, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 11024 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2021 07:46
Last Modified: 31 Aug 2021 07:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18328

Actions (login required)

View Item View Item