Hubungan Minat Belajar Dengan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Diponegoro 1 Jakarta Timur

FITRI YULIA WIDYASTUTI, . (2012) Hubungan Minat Belajar Dengan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Diponegoro 1 Jakarta Timur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR ISI LENGKAP.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (19kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (26kB)
[img] Text
HALAMAN ORISINALITAS.pdf

Download (124kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (8kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (221kB)
[img] Text
MOTTO.pdf

Download (174kB)

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran kerap ditemukan fenomena dimana siswa terlihat pasif. Mereka tidak ikut terlibat dalam kegiatan belajar. Rendahnya partisipasi ini diakibatkan oleh faktor-faktor tertentu, salah satunya adalah minat belajar. Minat belajar yang rendah membuat partisipasi siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan partisipasi siswa dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2012 sampai Juni 2012. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi pada penelitian ini berjumlah 200 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel diambil sebesar 25% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 50 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yaitu angket. Untuk mendapatkan data minat belajar siswa (Variabel X) digunakan angket dengan bentuk skala sikap yang berjumlah 25 soal dengan skala sikap dan data partisipasi siswa (Variabel Y), digunakan angket juga, akan tetapi dengan bentuk skala perilaku yang berjumlah 25 pernyataan. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian menggunakan rumus korelasi product moment maka diperoleh hasil rhitung 0,729 dan dikonsultasikan dengan rtabel dengan taraf signifikan 0,05 yaitu 0, 279, maka dari itu diketahui bahwa rhitung > rtabel (0,729 > 0,279), ini berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan hasil penelitian yang didapat adalah terdapat hubungan yang positif antara minat belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PKn di SMA Diponegoro Ini berarti apabila minat belajar tinggi maka partisipasi siswa juga tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Muhammad Japar. M.Si 2.) Dr. Sarlodi. M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 25 Nov 2019 15:15
Last Modified: 25 Nov 2019 15:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1836

Actions (login required)

View Item View Item