PRINSIP KERJA SAMA DALAM FILM GURU-GURU GOKIL KARYA SAMMARIA SIMANJUNTAK DAN IMPILKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS DEBAT KELAS X SMA

NURUL LUTHFA, . (2021) PRINSIP KERJA SAMA DALAM FILM GURU-GURU GOKIL KARYA SAMMARIA SIMANJUNTAK DAN IMPILKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS DEBAT KELAS X SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan prinsip kerja sama dalam film Guru-Guru Gokil dan menentukan implikasinya terhadap pembelajaran teks debat kelas X SMA yang dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Juli 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi. Analisis isi dilakukan dengan mengkaji hasil transkripsi dialog dalam film Guru-Guru Gokil. Objek penelitian ini adalah film yang berjudul Guru-Guru Gokil karya Sammaria Simanjuntak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pematuhan prinsip kerja sama dalam film Guru-Guru Gokil lebih banyak daripada pelanggarannya. Pematuhan prinsip kerja sama dalam film Guru-Guru Gokil adalah sebanyak 447 pasangan ujaran atau 80.10%, meliputi 7,16% untuk pematuhan maksim kuantitas; 1,61% untuk pematuhan maksim kualitas; 29,21% untuk pematuhan maksim relevansi; 41,11% untuk pematuhan maksim cara. Sementara itu, pelanggaran prinsip kerja sama dalam Film Guru-Guru Gokil adalah sebanyak 111 pasangan ujaran atau 19,9%, meliputi 5,73% untuk pelanggaran maksim kuantitas; 2,68% untuk pelanggaran maksim kualitas; 5,73% untuk pelanggaran maksim relevansi; 5,91 untuk pelanggaran maksim cara. Hasil penelitian mengenai prinsip kerja sama ini dapat dikaitkan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA) pada materi teks debat kelas X sebagai contoh dialog berupa pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama, ketika menyusun argumen atau tanggapan agar sesuai dengan topik atau mosi debat secara lisan. This study aims to describe the use of the cooperative principle in the Guru-Guru Gokil movie and determine its implications for the teaching of debate texts for class X SMA which was conducted from January to July 2021. This study used a descriptive qualitative approach with content analysis techniques. Content analysis was carried out by examining the transcription of the dialogue in the Guru-Guru Gokil movie. The object of this research is a movie entitled Guru-Guru Gokil by Sammaria Simanjuntak. The results of this study indicate that compliance with the principle of cooperation in the Guru-Guru Gokil movie is more than the violation. Compliance with the principle of cooperation in the Guru-Guru Gokil movie is 447 speech pairs or 80.10%, including 7.16% for the maxim of quantity; 1.61% for quality maxim compliance; 29.21% for the maxim of relevance; 41.11% for the maxim of manner. Meanwhile, violations of the cooperative principle in the Guru�Guru Gokil movie were 111 speech pairs or 19.9%, including 5.73% for violations of the maxim of quantity; 2.68% for violation of maxim of quality; 5.73% for the violation of maxim of relevance; 5.91 for violation of maxim of manner. The results of this research on the cooperative principles can be related to the learning of Indonesian language in high school (SMA) in class X debate text material as an example of a dialogue in the form of compliance and violation of the principle of cooperation, when compiling arguments or responses to fit the oral debate topic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si. ; 2). Dr. Edi Puryanto, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 11936 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2021 08:22
Last Modified: 31 Aug 2021 08:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18370

Actions (login required)

View Item View Item