PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DILENGKAPI SOAL-SOAL METAKOGNITIF PADA FLUIDA DINAMIK UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH

LULU SUCITA, . (2021) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DILENGKAPI SOAL-SOAL METAKOGNITIF PADA FLUIDA DINAMIK UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (938kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keterbatasan keberlangsungan pendidikan dalam situasi Covid�19 menyebabkan sistem pendidikan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan hasil survey pendahuluan pada peserta didik serta kajian teori maka didapat penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas modul elektronik menggunakan pendekatan kontekstual dilengkapi soal-soal metakognitif untuk pembelajaran jarak jauh dengan hasil akhir berupa flipbook yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dirumah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model 4D oleh Thiagarajan dengan tahapan menganalisis kebutuhan, perumusan tujuan, perancangan produk, validasi produk oleh ahli, uji coba produk, dan evaluasi. Rancangan awal produk akan diuji kelayakannya oleh tiga validator ahli. Nilai kelayakan yang didapat dari ahli materi yaitu 91,11%, sedangkan media 85,98%, dan pembelajaran 87,46%. Dari ketiga penilaian ahli tersebut didapat interpretasi “sangat layak” terhadap produk yang dikembangkan. Uji coba dilakukan dengan melibatkan pendidik dan peserta didik. Hasil respon yang didapat yaitu 97,22% oleh pendidik dan 87,63% sehingga keduanya diinterpretasikan “sangat layak”. Untuk menguji tingkat keefektivan dari produk dilakukan uji N-Gain dari hasil pretest dan posttest. Didapat hasil uji nilai N-Gain yaitu sebesar 0,53 dengan demikian produk memiliki tingkat keefektivan sedang. Demikian berdasarkan hasil temuan pada pembahasan dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan sangat layak dan efektif sebagai bahan belajar peserta didik berupa modul elektronik menggunakan pendekatan kontekstual dilengkapi soal-soal metakognitif pada fluida dinamik untuk pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. I Made Astra, M.Si.; 2). Dr. Hadi Nasbey, S.Pd, M.Si.;
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11113 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:23
Last Modified: 06 Sep 2021 02:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18417

Actions (login required)

View Item View Item