PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA JEPANG (PENELITIAN SURVEI PADA SISWA SMK DI KECAMATAN PULO GADUNG)

RANI APRILIANA, . (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA JEPANG (PENELITIAN SURVEI PADA SISWA SMK DI KECAMATAN PULO GADUNG). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi dan kebiasaan belajar serta hubungan antara motivasi dan kebiasaan belajar siswa SMK pada pelajaran bahasa Jepang di Kecamatan Pulo Gadung. Penelitian dilakukan menggunakan kuesioner secara online berupa Google Form kepada siswa SMK swasta di kecamatan Pulo Gadung yang mempelajari bahasa Jepang secara daring, yaitu SMK L’PINA Jakarta dan SMK Diponegoro 1 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMK L’PINA Jakarta dan SMK Diponegoro 1 Jakarta yang mempelajari bahasa Jepang berjumlah 343 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Cluster Random Sampling dengan mengambil 30% dari jumlah populasi sehingga sampel dalam penelitian berjumlah 103 responden. Instrumen penelitiannya menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Untuk mengambil data pembelajaran daring (X), motivasi belajar siswa (Y1) dan kebiasaan belajar siswa (Y2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner secara online kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, serta uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji korelasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Daring berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar karena nilai thitung > ttabel, yaitu 9,288 > 1,984 dan nilai Signifikan 0,000 < 0,05, berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga menunjukkan bahwa Pembelajaran Daring pada pelajaran bahasa Jepang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa. Pembelajaran Daring berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kebiasaan Belajar karena nilai thitung > ttabel, yaitu 10,711 > 1,984 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga menunjukkan bahwa Pembelajaran Daring pada pelajaran bahasa Jepang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kebiasaan Belajar Siswa. Serta nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 < 0,05, maka dapat dinyatakan adanya hubungan antara variabel Y1 dengan Y2. Derajat hubungan antara Motivasi Belajar Siswa dengan Kebiasaan Belajar Siswa memiliki nilai korelasi Pearson sebesar 0,785, maka termasuk ke dalam kategori kuat. ************ This study aims to determine: 1) The impact of online learning on students' motivations to learn Japanese; 2) The impact of online learning on students' study habits in Japanese language lessons; 3) The relationship between students' motivations and study habits in Japanese language lessons. This research is based on the background that online learning can affect students' motivations and study habits during the Covid-19 pandemic that occurred in SMK students in Pulo Gadung District, namely SMK L'PINA Jakarta and SMK Diponegoro 1 Jakarta. This research is a survey research with a quantitative descriptive approach. The research instrument used a questionnaire, interviews, and literature study. In this study using the theory of online learning, motivations and students’ study habits. The results of this study are: 1) Online Learning has a positive and significant impact on Learning Motivations because the value of tcount > ttable, which is 9.288 > 1.984 and a Significant value of 0.000 < 0.05, meaning Ho is rejected and Ha is accepted so that it shows that Online Learning in language lessons Japan has a positive and significant influence on Student Learning Motivation; 2) Online Learning has a positive and significant impact on Study Habits because the value of tcount > ttable, which is 10.711 > 1.984 and a significant value of 0.000 < 0.05, meaning Ho is rejected and Ha is accepted, indicating that online learning in Japanese lessons has a positive and significant influence. on Student Study Habits. And the significance value <0.05, ie 0.000 <0.05, it can be stated that there is a relationship between the variables Y1 and Y2;3) The degree of relationship between Student Learning Motivation and Student Study Habits has a Pearson correlation value of 0.785, so it is included in the strong category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Komara Mulya, M.Ed. ; 2). Tia Ristiawati, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 11341 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:37
Last Modified: 02 Sep 2021 07:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18446

Actions (login required)

View Item View Item