NUR AULIA AFRIYANTI, . (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN TAHSIN METODE UTSMANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA LANSIA DI LBQ AL-UTSMANI CONDET. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (914kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (403kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Nur Aulia Afriyanti, Strategi Pembelajaran Tahsin Metode Utsmani Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Lansia Di LBQ Al-Utsmani Condet, Jakarta : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2021 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pembelajaran tahsin metode utsmani dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada lansia. Tujuan tersebut dapat diturunkan menjadi beberapa tujuan antara lain ; mendeskripsikan dan menganalisis strategi pengorganisasian tahsin metode utsmani pada lansia, mendeskripsikan dan menganalisis strategi penyampaian tahsin metode utsmani pada lansia, dan mendeskripsikan dan menganalisis strategi pengelolaan tahsin metode utsmani pada lansia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan dari bulan Maret hingga bulan April tahun 2021, yang bertempat di LBQ Al-Utsmani Condet, Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti, strategi pembelajaran tahsin metode utsmani dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada lansia di LBQ Al-Utsmani Condet, adalah pertama, pegorganisasian yang mengacu pada suatu tindakan seperti pengelolaan alokasi waktu pembelajaran dan pengelompokkan belajar. Kedua, strategi penyampaian adalah yang mengacu pada cara menyampaikan isi pembelajaran dan cara menyediakan informasi pembelajaran atau bahan ajar. Ketiga, Strategi pengelolaan adalah strategi yang mengacu pada penjadwalan dan pembuatan catatan kemajuan belajar siswa. Proses pembelajaran yang diawali dengan perencanaan, pengorganisasian, dan penyampaian yang baik dan terstruktur masih belum sempurna jika tidak memiliki pengelolaan pembelajaran yang baik. Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Metode Utsmani, Lansia
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Rihlah Nur Aulia, S.Ag MA 2) Dr. Amaliyah M.Pd |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10852 not found. |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 03:08 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 03:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18473 |
Actions (login required)
View Item |