PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 7 JAKARTA

SEKAR AYU PURWANINGSIH, . (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental design. Penelitian dilakukan pada kelas VIII SMP Negeri 7 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah two stages sampling. Dua kelas yang terpilih sebagai sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians relatif homogen, dan memiliki rata-rata kemampuan awal yang relatif sama. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis berupa tes yang telah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Tes tersebut terdiri dari lima soal yang telah disesuaikan dengan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Pengujian hipotesis statistik dilakukan dengan uji t’ dan diperoleh nilai 〖t'〗_hitung= 2,741 > nilai kritis = 1,690, sehingga H_0 ditolak dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran flipped classroom pada pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 7 Jakarta. Berdasarkan kriteria Cohen’s Effect Size, besar pengaruh yang dihasilkan yaitu sebesar 0,646 termasuk dalam kategori medium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Lukman El Hakim, M.Pd. ; 2) Vera Maya Santi, M.Si.
Subjects: Sains > Matematika
Depositing User: Users 11692 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 09:25
Last Modified: 02 Sep 2021 09:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18490

Actions (login required)

View Item View Item