DETERMINAN MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

IBNU HAKIKI, . (2021) DETERMINAN MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (898kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, utang, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017– 2019. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Assets (ROA), utang yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER), ukuran perusahaan yang diproksikan dengan Ln(total aset), dan pertumbuhan penjualan. Variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen laba yang diproksikan dengan nilai Discreationary Accrual (DAC). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2017–2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel dengan pendekatan fixed effect model. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Dengan demikian teori Agensi (Agency Theory), teori stewardship (stewardship theory), dan teori Akuntansi Positif (Positive Accounting Theory) diterima. Kata kunci: Manajemen Laba, Profitabilitas, Utang, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan The aims of this study is to determine the effect of profitability, leverage, firm size, and sales growth to the earnings management on manufacturing firms listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) 2017-2019 Period. Independent variables used in this study are profitability which is measured by Return on Assets (ROA) and leverage which is measured by Debt to Equity Ratio (DER), firm size which is measured by Ln(asset total), and sales growth. Dependent variable used in this study is earnings management which is measured by value of Discreationary Accrual (DAC). The data used as a sample in this study is annual report of manufacturing firms that published by IDX during 2017-2019. The sampling method of this study is a purposive sampling. The research model used is panel data with a Fixed Effect Model approach. The result obtained from this research is profitability and leverage has no effect on earnings management, while firm size has a negative and significant effect on earnings management, and sales growth has a positive and significant effect on earnings management. thus Agency Theory, stewardship theory, (Positive Accounting Theory are accepted. Keywords: Earnings Management, Profitability, Leverage, Firm Size, Sales Growth

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Suherman, M.Si. ; 2). Sholatia Dalimunthe, SE., M.B.A
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: Users 11060 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 16:35
Last Modified: 30 Aug 2021 16:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18494

Actions (login required)

View Item View Item