Hubungan kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa ( Studi Korelasi pada Siswa di SMA Pandu Bogor ).

HILDA WIJAYA KUSUMAH, . (2012) Hubungan kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa ( Studi Korelasi pada Siswa di SMA Pandu Bogor ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (82kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (154kB)
[img] Text
PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang empiris mengenai hubungan kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa di SMA Pandu Bogor. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei 2012. Metode yang digunakan adalah studi korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Variable bebasnya adalah kompetensi pedagogik guru dan variable terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Teknik pengambilan samplingnya adalah dengan menggunakan teknik proporsional random sampling dengan sample yang di tetapkan secara acak. Jumlah sample sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket yang dikembangkan dalam bentuk pernyataan positif dan negatif. Untuk menguji kesahan instrument terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument penelitian, dari 30 instrument yang diuji coba pada variable x pada ά = 0,05 dan rtabel = 0,361 didapat 26 instrument yang valid, 4 instrument drop, selanjutnya dilakukan perhitungan uji realibilitas pada ά = 0,05 dan rtabel 0,361 didapat nilai rii = 0,867 dan termasuk pada realibilitas instrument tinggi. Dan pada variable y dari 30 instrument yang diuji coba pada ά = 0,05 dan rtabel = 0,361 didapat 27 instrument yang valid, 3 instrument drop, selanjutnya dilakukan perhitungan uji realibilitas pada ά = 0,05 dan rtabel 0,361 didapat nilai rii = 0,895 dan termasuk pada realibilitas instrument tinggi. Setelah itu dilakukan pengujian persyaratan data dengan uji normalitas menggunakan rumus lilieforse ( ά =0,05 n= 30 ) hasil perhitungan untuk kompetensi dasar guru adalah 0,072 dan untuk motivasi belajar siswa adalah 0,074 dan L tabel = 0,161 karena Lhitung < Ltabel maka data berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t perhitungan penelitian ini menghasilkan 3,44 dengan ttabel = 1,70.dengan demikian H0 ditolak hasil pengujian hipotesis diatas menunjukkan terdapat hubungan kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Prof. Dr Ismail Arianto, M.Pd 2.) Dr. Hj. Etin Solihatin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 26 Nov 2019 10:42
Last Modified: 26 Nov 2019 10:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1855

Actions (login required)

View Item View Item