ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL THE BIG 6 SKILLS PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN I

SEVIA CHAIRANI, . (2021) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL THE BIG 6 SKILLS PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN I. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (911kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi informasi mahasiswa dengan menggunakan Model The Big 6 Skills pada mata kuliah Konstruksi Bangunan I. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskritif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berupa pilihan ganda. Hasil realibilitas untuk instrumen = 0,958. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi sebanyak 115 dengan jumlah sampel 87 mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan UNJ. Penelitian ini menggunakan model The Big 6 Skills yang memiliki 6 indikator, yaitu: Perumusan Masalah, Strategi Pencarian Informasi, Lokasi dan Akses, Pemanfaatan Informasi, Sintesis dan Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pada indikator perumusan masalah = 49,43 mendapatkan kategori rendah. Namun, nilai pada strategi pencarian informasi = 70,98, lokasi dan akses = 80,17 memiliki kategori tinggi. Dan untuk nilai pada pemanfaatan informasi = 56,61, sintesis = 64,37 dan evaluasi = 58,05 mendapatkan kategori cukup. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi informasi mahasiswa PTB UNJ mandapatkan kategori cukup dengan nilai rata-rata 63,27. Untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi diperlukan upaya-upaya yang dilakukan oleh pendidik maupun mahasiswa khususnya pada tahap perumusan masalah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Tuti Iriani, M. SI. ; 2) R. Eka Murtinugraha, M. Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 12145 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 09:09
Last Modified: 18 Oct 2022 02:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18618

Actions (login required)

View Item View Item