HUBUNGAN PARTISIPASI AKTIVITAS BELA DIRI TAEKWONDO DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN TENDANGAN MOMTONG AP CHAGI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH CITA BUANA

FITRI ERNA, . (2016) HUBUNGAN PARTISIPASI AKTIVITAS BELA DIRI TAEKWONDO DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN TENDANGAN MOMTONG AP CHAGI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH CITA BUANA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
02. Lembar Persetujuan.pdf

Download (6kB)
[img] Text
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (166kB)
[img] Text
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (72kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (484kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (376kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (251kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan antara aktivitas bela diri taekwondo (X1) terhadap tendangan momtong ap chagi (Y), Hubungan motivasi belajar (X2) terhadap tendangan momtong ap chagi (Y), (3) serta mengetahui Hubungan antara aktivitas bela diri taekwondo (X1) dan motivasi belajar (X2) secara bersama-sama terhadap tendangan momtong ap chagi (Y). Pengambilan data dilakukan di sekolah Cita Buana jl. Paso No. 84 Jagakarsa Jakarta Selatan pada tanggal 15 Desember 2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik studi korelasi dan observasi/survey, sampel yang digunakan yaitu anak berkebutuhan khusus di sekolah Cita Buana sebanyak 10 orang, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data aktivitas bela diri taekwondo dan motivasi belajar menggunakan angket, serta pengambilan data hasil tendangan momtong ap chagi menggunakan alat atau target Kicking. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistika korelasi sederhana dan korelasi ganda yang dilanjutkan dengan uji-t pada taraf signifikasi  = 0,05. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditemukan hasil penelitian menunjukkan: Pertama, terdapat hubungan yang berarti antara aktivitas bela diri taekwondo terhadap hasil tendangan momtong ap chagi, terhadap persamaan garis linier Ŷ = 19.07 + 0.79 X1, koefisien korelasi (ry1) = 0,79 dan koefisien determinasi (ry1²) = 0,6241, yang ii berarti variabel aktivitas bela diri taekwondo memberikan sumbangan terhadap hasil tendangan momtong ap chagi sebesar 62,41%. Kedua, terdapat hubungan yang berarti antara motivasi belajar dengan hasil tendangan momtong ap chagi, dengan persamaan garis linier Ŷ = 2,87+ 0,94 X2, koefisien korelasi (ry2) = 0,94 dan koefisien determinasi (ry1²) = 0,8836 yang berarti variabel motivasi belajar memberikan sumbangan terhadap hasil tendangan momtong ap chagi sebesar 88,36%. Ketiga, terdapat hubungan yang berarti antara aktivitas bela diri taekwondo dan motivasi belajar, terhadap persamaan garis linier Ŷ= - 3,38 + 0,33 X1+ 0,74, koefisien korelasi Ry1-2 = 0,98 dan koefisien determinasi (Ry1-2)² = 0,9604 yang berarti variabel aktivitas bela diri taekwondo dan motivasi belajar memberikan sumbangan terhadap hasil tendangan momtong ap chagi sebesar 96,04%. Dalam penelitian ini aktivitas bela diri taekwondo dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 96,04% pada hasil tendangan momtong ap chagi. Untuk itu disarankan agar peneliti yang lain juga mencari faktor lain yang memberikan kontribusi yang baik terhadap hasil tendangan momtong ap chagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tirto Apriyanto, S.Pd, M.Si ; 2). Dr. Fahmy Fachrezzy, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Divisions: FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 26 Nov 2019 11:34
Last Modified: 26 Nov 2019 11:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1863

Actions (login required)

View Item View Item