PENGEMBANGAN MATERI AJAR KOHESI GRAMATIKAL PADA TEKS NARASI DENGAN STRATEGI WEBBING SISWA KELAS VII SMP

NUR MAULIDIA, . (2021) PENGEMBANGAN MATERI AJAR KOHESI GRAMATIKAL PADA TEKS NARASI DENGAN STRATEGI WEBBING SISWA KELAS VII SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB 3 .pdf

Download (983kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi ketersediaan materi/bahan ajar mengenai kohesi gramatikal pada teks narasi di sekolah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari hingga bulan Juni 2021. Fokus penelitian ini adalah pengembangan materi ajar kohesi gramatikal pada teks narasi dengan strategi Webbing siswa kelas VII SMP. Penggunaan materi ajar kohesi gramatikal pada teks narasi dengan menggunakan strategi Webbing ini bertujuan untuk membantu siswa dalam pembelajaran kebahasaan teks narasi agar mencapai tujuan pembelajaran yang baik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan R&D (Reseacrh & Development) model ADDIE. Pelaksanaan uji coba dengan kelompok kecil yang dilakukan oleh 5 orang siswa kelas VII SMP N 16 Tanggerang dengan cara menyebarkan angket persepsi berupa uji keterbacaan melalui aplikasi Google Form. Hasil dari uji coba tersebut menunjukan bahwa diperoleh uji coba produk keseluruhan mencapai 92.5% secara umum “layak” digunakan. Berdasarkan hasil penilaian dan diskusi validator ahli materi dan ahli metodologi, disimpulkan bahwa produk Pengembangan Pengembangan Materi Ajar Kohesi Gramatikal Pada Teks Narasi dengan Strategi Webbing Siswa Kelas VII SMP secara umum “sangat layak” digunakan dalam proses pembelajaran dan efektif untuk mengasah belajar mandiri siswa. ********** This study aims to obtain information on the availability of teaching materials/materials regarding grammatical cohesion in narrative texts in schools. This research was conducted from January to June 2021. The focus of this research is the development of grammatical cohesion teaching materials in narrative texts with webbing strategies for seventh grade junior high school students. The use of grammatical cohesion teaching materials in narrative texts using this webbing strategy aims to assist students in learning the language of narrative texts in order to achieve good learning objectives. The approach used in this research is the R&D (Research & Development) approach of the ADDIE model. Implementation of a small group trial conducted by 5 seventh grade students of SMP N 16 Tangerang by distributing a persepsise questionnaire in the form of a readability test through the Google Form application. The results of these trials indicate that the overall product trial reached 92.5% in general " feasible" to be used. Based on the assessment and discussion results by material expert validators and methodologist, the key is that the Development of Development of Grammatical Cohesion Teaching Materials in Narrative Text With Webbing Strategy for Seventh Grader of SMP students is "very feasible" to be used in the learning process and was effective for honing students independent learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sintowati Rini Utami, M.Pd. ; 2). Dr. Edi Puryanto, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 11146 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2021 09:53
Last Modified: 18 Jul 2022 03:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18635

Actions (login required)

View Item View Item