PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM FISIKA DASAR 1 DENGAN TAHAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DIBANTU AUGMENTED REALITY UNTUK MELATIH HOTS MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA

RAIHANA KUSUMA AMANI, . (2021) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM FISIKA DASAR 1 DENGAN TAHAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DIBANTU AUGMENTED REALITY UNTUK MELATIH HOTS MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy

Abstract

High Order Thinking Skills (HOTS) diperlukan untuk mendukung keterampilan abad 21. Mahasiswa dituntut untuk berpikir kritis dalam mengatasi suatu masalah. HOTS dapat dilatih melalui kegiatan praktikum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan Dick&Carey. Penelitian ini menjelaskan tentang implementasi Augmented Reality pada modul praktikum fisika dasar 1 dengan tahapan berbasis masalah untuk melatih HOTS mahasiswa pendidikan fisika. Penambahan media Augmented Reality memudahkan mahasiswa dalam memahami langkah praktikum dan bentuk fenomena yang berkaitan dengan praktikum. Tahapan pembentukan HOTS dalam modul menyajikan video fenomena dunia nyata sebagai stimulus dan mahasiswa diminta menjawab pretest terkait video stimulus, mahasiswa diminta membuat tabel pengamatan sesuai langkah-langkah dalam praktikum, mahasiswa diminta untuk mengolah data, dan menganalisis konsep tentang materi praktikum yang berkaitan. Berdasarkan hasil uji validasi, diperoleh rata-rata persentase untuk ahli materi sebesar 88% dan ahli media sebesar 82,5%. Uji coba produk dilakukan kepada dosen fisika dasar UNJ dengan rata-rata persentase sebesar 77,6% dan kepada mahasiswa pendidikan fisika dengan rata-rata persentase 93,6%. Rata-rata nilai keseluruhan yang didapat menunjukkan bahwa modul praktikum fisika dasar 1 dengan tahapan pembelajaran berbasis masalah dibantu Augmented Reality untuk melatih HOTS mahasiswa pendidikan fisika dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan praktikum fisika dasar 1 dan berpengaruh besar dalam melatih HOTS mahasiswa pendidikan fisika *********** High Order Thinking Skills (HOTS) are needed to support 21st-century skills. Students are required to think critically in overcoming a problem. HOTS can be trained through lab activities. The method used in this research is Research and Development (R&D) with a Dick & Carey approach. This research described the implementation of augmented reality in the fundamental physics practicum module with problem-based learning stages to train HOTS of physics education students. The addition of augmented reality media makes it easier for students to understand practicum steps and phenomena related to practicum. The stages of HOTS formation in the module present a video of real-world phenomena as a stimulus, and students are asked to answer the pretest related to the stimulus video, students are asked to create observation tables according to the steps in the practicum, students are asked to process data, and analyze concepts regarding practical material which is related. Based on the results of the validation test, the average percentage for material experts is 88% and media experts is 82,5%. Product trials were carried out to fundamental physics lecturers of UNJ with an average percentage of 77,6% and to physics education students with an average percentage of 93,6%. The average overall score obtained shows that the fundamental physics practicum module equipped with augmented reality to train HOTS of physics education students is declared feasible for use as teaching materials in fundamental physics practicum activities and has great effectiveness in training HOTS of physics education students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Fauzi Bakri, S.Pd, M.Si.; 2). Drs. Andreas Handjoko Permana, M.Si.;
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11429 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 11:23
Last Modified: 30 Aug 2021 11:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18646

Actions (login required)

View Item View Item